Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer) (Kelas Reguler)

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Pertumbuhan teknologi dan informasi yang begitu cepat menyebabkan meningkatnya pekerjaan di bidang IT. Salah satunya adalah desainer software yang memiliki berbagai macam role di organisasi, diantaranya adalah UX Researcher, UX Designer dan UX Writer. Kelas ini khusus dirancang untuk peserta yang ingin mempersiapkan diri berkarir menjadi UX Designer. Peserta akan mempelajari agile dan scrum dalam pengembangan produk, dasar merancang aplikasi (UX design), serta menyusun portofolio UI/UX.

 

Tujuan Umum:

Peserta mampu mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi berdasarkan standar pengembangan software sesuai SKKNI Nomor 44 Tahun 2017.

 

Tujuan Khusus:

  1. Menentukan metodologi pengembangan perangkat lunak 
  2. Menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak 
  3. Mengidentifikasi tujuan 
  4. Mengidentifikasi pemangku kepentingan 
  5. Menentukan teknik wawancara (interview) 
  6. Menentukan teknik prototipe
  7. Melakukan validasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak 
  8. Meninjau ulang (review) kebutuhan perangkat lunak dengan membuat prototipe
  9. Mendefinisikan User Experience (UX) 
  10. Menyusun dokumen rancangan UX 
  11. Menuliskan konten portofolio UX
  12. Memilih proyek yang disertakan
  13. Menentukan medium portfolio UX
  14. Menguraikan jenis-jenis pertanyaan yang muncul saat wawancara kerja
  15. Merinci tips saat wawancara kerja
  16. Memiliki sikap kerjasama/kolaborasi tim menggunakan agile mindset 
  17. Menunjukan komunikasi yang aktif dalam tim
  18. Mengambil keputusan berdasarkan data (data-driven) 
  19. Memiliki sikap empati saat mengamati users
  20. Memiliki keterampilan berpikir secara kritis dalam mengembangkan produk

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

1. Memahami value dan prinsip agile development

  • Value Ke-1 dan 2 dari Agile (1:24 - 7:39)
  • Value Ke-3 dan 4 dari Agile (0:08 - 3:56)
  • Prinsip Agile 1-6 (0:36 - 7:05)
  • Prinsip Agile 7-12 (0:21 - 6:43)

2. Menjelaskan scrum framework

  • Pengenalan Scrum Bagian 1 (2:54 - 5:32)
  • Pilar-Pilar dari Scrum (00:30 - 08:45)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint (00:30 - 05:58)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint Planning (00:07 - 04:17)
  • Artefak-Artefak Scrum (00:23 - 07:18)
  •  Retrospektif Sprint (00:25 - 05:15)

 3. Mengetahui peran tim dalam scrum

  • Pengenalan Scrum Bagian 1 (3:34 - 5:37)
  • Pengenalan Scrum Bagian 2 (0:09 - 7:11)
  • Pilar-Pilar dari Scrum (01:20 - 08:45)
  • Value dari Scrum (00:10 - 06:19)
  • Peran Product Owner (00:32 - 05:19)
  • Peran Scrum Master dan Development Team (00:07 - 07:40)
  • Artefak-Artefak Scrum (00:23 - 07:18)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint (02:15 - 05:58)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint Planning (00:07 - 04:17)
  • Sprint Harian (00:25 - 08:40)
  • Peninjauan Sprint (00:25 - 03:31)
  • Retrospektif Sprint (00:25 - 05:15)

 4. Mengenal tahapan implementasi user centric design

  • Kerangka Kerja User Centric Design (2:37 - 4:45)

 5. Menjabarkan riset pengembangan produk

  • Riset Pengembangan Produk (0:31 - 3:26)

 6. Membedakan jenis-jenis prototipe

  • Prototipe (1:14 - 5:29)

 7. Memahami pola teks UX yang sesuai

  • Dokumen PDF: 11 pola text untuk UX copy (Hal 1-9)
  • Dokumen PDF: 11 pola text untuk UX copy lanjutan (Hal 1-6)

 8. Merinci karakteristik medium portofolio UX

  • Memilih Medium UI/UX Portofolio (01:00 - 09:07)
  • Studi Kasus: Memilih Medium UI/UX Portofolio (00:07 - 01:19)

9. Mengetahui tips saat menghadapi wawancara kerja

  • Menceritakan Keterampilan dan Portofolio (05:25 - 05:57)
  • Tips Mengomunikasikan Portofolio (01:16 - 05:55)
  • Tips Mengomunikasikan Portofolio Lanjutan (00:06 - 07:20)

Keterampilan (Skill):

1. Menerapkan pelaksanaan scrum framework

  • Peran Product Owner (00:32 - 05:19)
  • Peran Scrum Master dan Development Team (00:07 - 07:40)
  • Artefak-Artefak Scrum (00:23 - 07:18)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint (00:30 - 05:58)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint Planning (00:07 - 04:17)
  • Retrospektif Sprint (00:25 - 05:15)

2. Mengaplikasikan persona produk yang akan dikembangkan

  • Identifikasi Persona (0:30 - 4:13)

3. Menerapkan teknik wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan

  • Wawancara (0:28 - 3:36)
  • Menceritakan Keterampilan dan Portofolio (01:35 - 06:47)

4. Melakukan survei pengguna

  • Survei Pengguna (3:08 - 6:47)

5. Memetakan customer journey

  • Pemetaan Customer Journey (0:26 - 7:25)

6. Membuat user flow saat menggunakan produk

  • Membuat User Flow (0:23 - 4:26)

7. Menguji prototype menggunakan paper prototype

  • Paper Prototype (0:21 - 4:06)
  • Pengujian Menggunakan Paper Prototype (0:13 - 8:07)

8. Menulis konten pada portofolio UX

  • Gambaran Umum UX Portofolio (00:55 - 01:35 & 02:09 - 05:48)
  • Pentingnya Memiliki UX Portofolio (02:45 - 06:43)
  • Background, Problem, Goals, dan Pendekatan (01:27 - 09:14)
  • Output, Outcome, dan Learning Proyek (00:37 - 06:00)
  • Kesalahan dalam Mengemas UI/UX Portofolio (00:50 - 05:00)
  • Memilih Proyek dalam Lamaran Kerja (00:57 - 05:15)
  • Menghadapi Kasus Khusus (00:51 - 07:17)

9. Menerapkan aspek penting dalam wawancara kerja pada bidang UX

  • Menceritakan Keterampilan dan Portofolio (01:35 - 06:47)
  • Tips Mengomunikasikan Portofolio (01:16 - 05:55)
  • Tips Mengomunikasikan Portofolio Lanjutan (00:06 - 07:20)

Sikap (Attitude):

1. Menunjukkan sikap kerjasama/kolaborasi tim menggunakan agile mindset

  • Pengenalan terhadap Agile: Perspektif Tim Proyek (0:15 - 1:05)
  • Peran dan Tantangan UX Designer (3:12 - 4:44)

2. Menunjukkan komunikasi yang aktif dalam tim

  • Peran dan Tantangan UX Designer (4:10 - 4:53)
  • Pilar-Pilar dari Scrum (01:20 - 07:10)
  • Value dari Scrum (00:10 - 06:19)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint Planning (00:07 - 00:56)
  • Sprint Harian (00:25 - 08:40)

3. Tanggap dalam mengambil keputusan berdasarkan data (data-driven)

  • Peran dan Tantangan UX Designer (4:42 - 4:53)
  • Kerangka Kerja User Centric Design (0:53 - 1:59)
  • Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint Planning (01:17 - 02:45)

4. Menunjukkan sikap empati saat mengamati users

  • Peran dan Tantangan UX Designer (4:54 - 5:08)
  • Pemetaan Customer Journey (3:12 - 7:25)

5. Berpikir secara kritis dalam mengembangkan produk

  • Peran dan Tantangan UX Designer (1:08 - 1:41, 2:19 - 3:19)
  • Pemetaan Customer Journey (3:12 - 7:25)
  • Memilih Proyek dalam Lamaran Kerja (03:22 - 05:15)

 

Materi Pelatihan:

  • Pengenalan Kelas
  • Pengenalan terhadap Agile
  • Pengenalan Scrum
  • Gambaran Umum UX Designer
  • Gambaran Umum UX Portofolio 

 

Target Peserta:

  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Memiliki ketertarikan bekerja sebagai desainer software (UX designer)
  • Memiliki gadget (PC, laptop, atau smartphone) dengan aplikasi untuk menulis (notepad/microsoft word/ google docs) atau menyusun presentasi (microsoft power point/google slides).

 

Fasilitas:

Test akhir/Ujian akhir; Sertifikat penyelesaian; Forum diskusi; Sesi konsultasi.

 

Durasi:

Pengenalan Kelas 50 menit
Pengenalan terhadap Agile 96 menit
Pengenalan Scrum 89 menit
Gambaran Umum UX Designer   108 menit
Gambaran Umum UX Portofolio  104 menit
 Total 363 menit 

Level:

Basic

 

Metode Pembelajaran:

Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus dan simulasi.

 

Metode Evaluasi:

  1. Pre Test
  2. Post Test
  3. Formative Test/Kuis
  4. Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.

 

Sesi Konsultasi:

Tiap Jumat, jam 16.00-17.00 WIB,via LMS

 

Cara Redeem Voucher:

  1. Kunjungi website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store
  2. Pilih Masuk apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih Daftar jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy
  3. Klik "Tukarkan" pada bagian penukaran voucher di homepage atau halaman prakerja
  4. Masukkan kode voucher yang sudah Anda dapatkan dari Pintaria lalu klik "Gunakan Voucher"
  5. Setelah penukaran berhasil silakan klik ''Lihat Kelas'' atau cek pada bagian Kelas Saya untuk mengikuti kelasnya
  6. Selamat Anda dapat langsung mulai belajar dan mengikuti pelatihan di Skill Academy

 

 


Penyelenggara Kursus

Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy by Ruangguru merupakan wadah kursus online yang hadir menjadi solusi untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang yang dipersembahkan untuk para mahasiswa, profesional, dan umum. Skill Academy by Ruangguru memungkinkan siapapun untuk #MudahUpgradeSkill karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.


Para Instruktur

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer) (Kelas Reguler)

oleh Skill Academy by Ruangguru
KATEGORI Programming
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Full Online Learning
DURASI 6 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

HARGA

Rp625.000

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer) (Kelas Reguler)

Rp625.000
KATEGORI Programming
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Full Online Learning
DURASI 6 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

Ulasan

0/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1
Belum ada ulasan untuk kursus ini

Jadilah yang pertama membeli kursus ini dan memberikan ulasan