prakerja

Teknik Menemukan Ide Produk Digital untuk Manajer Pengembang Aplikasi TIK (Product Manager) (Kelas Reguler)

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Manajer Pengembang Aplikasi TIK (Product Manager) perlu memiliki kompetensi untuk menemukan produk yang dibutuhkan oleh pengguna. Di kelas ini kamu akan mempelajari banyak hal, seperti product discovery, visi produk, segmentasi pasar, teknik menemukan masalah dan solusinya, langkah membuat prototipe solusi, cara melakukan percobaan solusi ke pengguna, risiko yang ada pada produk, dan product discovery yang berkelanjutan.

 

Tujuan Umum:

Peserta mampu menerapkan teknik penemuan ide dan merancang produk digital sesuai dengan kebutuhan pengguna.

 

Tujuan Khusus:

  • Menjelaskan konsep product discovery
  • Menguraikan risiko-risiko Produk
  • Menjelaskan teknik pembuatan prototype solusi 
  • Menerangkan cara melakukan testing solusi ke pengguna
  • Menjelaskan konsep product discovery yang berkelanjutan
  • Menentukan visi dan goal produk
  • Menentukan market segment 
  • Menerapkan teknik discovering problem/opportunities
  • Menerapkan teknik penemuan solusi bagi pengguna

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

1. Menjelaskan konsep product discovery

  •  > Berkenalan dengan Penemuan Produk (01:00 - 01:54)
  •  > Apa itu Penemuan Produk (00:34 - 06:29)
  •  > Apa itu Penemuan Produk Lanjutan (00:11 - 05:53)

2. Menguraikan risiko-risiko Produk

  •  > Jenis-Jenis Risiko dalam Product Discovery (00:51 - 05:55)
  •  > Langkah-langkah Mitigasi Risiko (00:36 - 04:02)

3. Menjelaskan teknik pembuatan prototype solusi 

  •  > Mengapa Perlu Membuat Prototype (00:27 - 03:57)
  •  > Membuat User Prototype (00:20 - 04:42)

4. Menerangkan cara melakukan testing solusi ke pengguna

  •  > Concept Testing (00:40 - 04:27)
  •  > Wizard of Oz and Concierge Testing (00:35 - 05:55)
  • > Metode Usability Testing (01:22 - 06:24)
  • > Membuat Minimum Viable Produk (00:29 - 05:32)

5. Menjelaskan konsep product discovery yang berkelanjutan

  •  > Product Discovery yang Berkelanjutan (00:35 - 04:06)

6. Menjelaskan visi dan goal produk

  •  > Visi dan Goal Produk (00:36 - 07:27)

7. Menjelaskan konsep market segment 

  •  > Apa itu Penemuan Produk? (00:34 - 06:29)
  •  > Segmentasi Pasar (00:26 - 06:54)
  •  > Segmentasi Pasar bagian 2 (00:10 - 03:54)
  •  > Segmentasi Pasar bagian 3 (00:20 - 07:00)
  •  > Memetakan User Journey (00:30 - 05:02)
  •  > Memetakan User Journey Lanjutan (00:10 - 07:47)

8. Menjelaskan teknik discovering problem/opportunities

  •  > Apa itu Penemuan Produk? (01: 45 - 05:37)
  •  > Apa itu Penemuan Produk Lanjutan (00:11 - 05:08)
  •  > Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna (00:39 - 07:53)
  •  > Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna Bagian 2 (00:10 - 07:42)
  •  > Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna Bagian 3 (00:10 - 05:57)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 1 (00:42 - 06:22)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 2 (00:10 - 08:53)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 3 (00:10 - 07:47)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 4 (00:10 - 08:22)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 5 (00:10 - 07:27)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 6 (00:10 - 05:54)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 7 (00:10 - 07:22)

9. Menjelaskan teknik penemuan solusi bagi pengguna

  •  > Membangun Konsep Product Mindset (01:25 - 05:52)
  •  > Pemecahan Masalah dengan Double Diamond Framework (00:26 - 08:20)
  •  > Design Thinking (01:22 - 06:50)
  •  > Metode Design Sprint (00:34 - 08:09)
  •  > Design Sprint Checklist (00:21 - 06:51)
  •  > Design Sprint Day 1 (00:55 - 09:15)
  •  > Design Sprint Day 2 (00:05 - 00:19), (00:28 - 07:19)
  •  > Design Sprint Day 3 (00:20 - 03:04)
  •  > Design Sprint Day 4 (00:15 - 04:23)
  •  > Design Sprint Day 5 (00:16 - (07:10)
  •  > Mini Design Sprint: Crazy 8 & Solution Sketch (02:16 - 07:51)

10. Menjelaskan konsep product roadmap

  •  > Pengenalan Product Roadmap (00:52 - 07:42)
  •  > Pengenalan Product Roadmap Lanjutan (00:10 - 06:53)
  •  > Tahapan Memulai Product Roadmap (00:38 - 08:28)
  •  > Tahapan Memulai Product Roadmap Lanjutan (00:14 - 03:53)
  •  > Epics Roadmap VS Features Roadmap (00:37 - 07:36)
  •  > Perencanaan Perbaikan Sistem (00:47 - 06:20)
  •  > Perencanaan Perbaikan Sistem Lanjutan (00:10 - 07:37)
  •  > Memprioritaskan Roadmap dengan Teknik MoSCoW (00:31 - 08:50)
  •  > Menentukan Prioritas Produk (00:30 - 05:05)
  •  > Framework Prioritas Produk (00:13 - 07:47)
  •  > Perencanaan Produk Per Kuartal (00:14 - 06:00)

Keterampilan (Skill):

1. Menentukan visi dan goal produk

  •  > Visi dan Goal Produk (01:45 - 03:46), (05:18 - 06:33)

2. Menentukan market segment 

  •  > Apa itu Penemuan Produk? (00:34 - 06:29)
  •  > Segmentasi Pasar (01:20 - 06:54)
  •  > Segmentasi Pasar bagian 2 (00:10 - 03:54)
  •  > Segmentasi Pasar bagian 3 (00:50 - 07:00)
  •  > Memetakan User Journey (03:48 - 05:02)
  •  > Memetakan User Journey Lanjutan (00:10 - 07:47)

3. Menerapkan teknik discovering problem/opportunities

  •  > Apa itu Penemuan Produk? (01: 45 - 05:37)
  •  > Apa itu Penemuan Produk Lanjutan (00:11 - 05:08)

4. Menerapkan teknik penemuan solusi bagi pengguna

  •  > Membangun Konsep Product Mindset (01:25 - 05:52)
  •  > Pemecahan Masalah dengan Double Diamond Framework (00:26 - 08:20)
  •  > Design Thinking (02:27 - 06:50)
  •  > Metode Design Sprint (01:27 - 08:09)
  •  > Design Sprint Checklist (00:21 - 06:51)
  •  > Design Sprint Day 1 (00:55 - 09:15)
  •  > Design Sprint Day 2 (00:05 - 00:19), (00:28 - 07:19)
  •  > Design Sprint Day 3 (00:20 - 03:04)
  •  > Design Sprint Day 4 (00:15 - 04:23)
  •  > Design Sprint Day 5 (00:16 - 07:10)
  •  > Mini Design Sprint: Crazy 8 & Solution Sketch (02:16 - 07:51)
  •  > Studi Kasus: Mini Design Sprint (00:37 - 04:56)
  •  > Studi Kasus: Mini Design Sprint Lanjutan (00:10 - 09:12)

5. Menerapkan cara analisis performa produk

  •  > Merencanakan Produk (00:30 - 08:11)
  •  > Menganalisis Performa Produk (00:29 - 09:26)
  •  > Tips Menganalisis Performa Produk (00:10 - 03:40)
  •  > Penerapan Analisis Performa Produk (00:20 - 07:23)
  •  > Mendapatkan Feedback Pengguna (00:29 - 07:51)

Sikap (Attitude):

1. Teliti dalam menguraikan risiko-risiko produk

  •  > Jenis-Jenis Risiko dalam Product Discovery (00:51 - 05:55)
  •  > Langkah-langkah Mitigasi Risiko (00:36 - 04:02)

2. Tepat dalam menentukan market segment

  •  > Apa itu Penemuan Produk? (00:34 - 06:29)
  •  > Segmentasi Pasar (01:20 - 06:54)
  •  > Segmentasi Pasar bagian 2 (00:10 - 03:54)
  •  > Segmentasi Pasar bagian 3 (00:50 - 07:00)
  •  > Memetakan User Journey (03:48 - 05:02)
  •  > Memetakan User Journey Lanjutan (00:10 - 07:47)

3. Berempati dalam menemukan permasalahan pengguna

  •  > Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna (03:48 - 07:53)
  •  > Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna Bagian 2 (01:52 - 03:32) 
  •  > Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna Bagian 3 (01:40 - 02:34), (03:15 - 03:59), (04:42 - 05:57)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 1 (02:26 - 06:22)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 2 (00:10 - 07:46)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 3 (00:10 - 04:23)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 4 (00:54 - 03:43)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 5 (00:10 - 07:27)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 6 (03:04 - 05:54)
  •  > Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 7 (04:36 - 07:22)

4. Kreatif dalam menemukan solusi bagi pengguna

  •  > Membangun Konsep Product Mindset (01:25 - 02:53)
  •  > Pemecahan Masalah dengan Double Diamond Framework (05:35 - 06:55)
  •  > Design Thinking (02:27 - 06:50)
  •  > Metode Design Sprint (03:33 - 04:29)
  •  > Design Sprint Checklist (00:35 - 01:04)
  •  > Design Sprint Day 1 (03:42 - 05:05), (06:35 - 07:35)
  •  > Design Sprint Day 2 (00:47 - 01:30), (03:23 - 04:30), (05:47 - 07:02)
  •  > Design Sprint Day 3 (01:32 - 02:16)
  •  > Design Sprint Day 4 (01:34 - 02:24)
  •  > Design Sprint Day 5 (02:15 - 03:36)
  •  > Mini Design Sprint: Crazy 8 & Solution Sketch (03:16 - 06:50) 
  •  > Concept Testing (02:29 - 03:25)

 

Materi Pelatihan:

  • Product Mindset & Double Diamond Framework (0:15:19)
    1.  1.1 Membangun Konsep Product Mindset (Video) 06:29
    2.  1.2 Pemecahan Masalah dengan Double Diamond Framework (Video) 08:50
  • Perkenalan Product Discovery (0:16:02)
    1.  2.1 Berkenalan dengan Penemuan Produk (Video) 03:17
    2.  2.2 Apa itu Penemuan Produk? (Video) 06:35
    3.  2.3 Apa itu Penemuan Produk? Lanjutan (Video) 06:10
  • Menentukan Visi dan Tujuan Produk (0:07:44)
    1.  3.1 Visi dan Goal Produk (Video) 07:44
  • Menentukan Segmentasi Pasar (0:31:41)
    1.  4.1 Segmentasi Pasar bagian 1 (Video) 07:01
    2.  4.2 Segmentasi Pasar bagian 2 (Video) 04:01
    3.  4.3 Segmentasi Pasar bagian 3 (Video) 07:21
    4.  4.4 Memetakan User Journey (Video) 05:09
    5.  4.5 Memetakan User Journey Lanjutan (Video) 08:09
  • Menemukan Masalah atau Peluang (1:16:08)
    1.  5.1 Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna (Video) 08:10
    2.  5.2 Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna Bagian 2 (Video) 07:49
    3.  5.3 Metode Riset untuk Mengetahui Masalah Pengguna Bagian 3 (Video) 06:35
    4.  5.4 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 1 (Video) 06:28
    5.  5.5 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 2 (Video) 09:05
    6.  5.6 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 3 (Video) 07:55
    7.  5.7 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 4 (Video) 08:30
    8.  5.8 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 5 (Video) 07:35
    9.  5.9 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 6 (Video) 06:02
    10.  5.10 Metode Riset Wawancara Pengguna Bagian 7 (Video) 07:59
  • Menemukan Solusi bagi Pengguna (1:18:53)
    1.  6.1 Design Thinking (Video) 07:11
    2.  6.2 Metode Design Sprint (Video) 08:41
    3.  6.3 Design Sprint Checklist (Video) 07:00
    4.  6.4 Design Sprint Day 1 (video) 10:00
    5.  6.5 Design Sprint Day 2 (Video) 07:00
    6.  6.6 Design Sprint Day 3 (Video) 03:00
    7.  6.7 Design Sprint Day 4 (Video) 05:00
    8.  6.8 Design Sprint Day 5 (Video) 08:00
    9.  6.9 Mini Design Sprint dengan Crazy 8 & Solution Sketch (Video) 08:21
    10.  6.10 Studi Kasus: Mini Design Sprint (Video) 05:12
    11.  6.11 Studi Kasus: Mini Design Sprint Lanjutan (Video) 09:28
  • Membuat Prototipe Solusi (09:23)
    1.  7.1 Mengapa Perlu Membuat Prototipe (Video) 04:22
    2.  7.2 Membuat User Prototype (Video) 05:01
  • Melakukan Percobaan Solusi ke Pengguna (0:23:54)
    1.  8.1 Concept Testing (Video) 04:46
    2.  8.2 Wizard of Oz dan Concierge Testing (Video) 06:31
    3.  8.3 Metode Usability Testing (Video) 06:45
    4.  8.4 Membuat Minimum Viable Product (Video) 05:52
  • Memahami Product Roadmap (1:01:48)
    1.  9.1 Pengenalan Product Roadmap (Video) 07:52
    2.  9.2 Pengenalan Product Roadmap Lanjutan (Video) 07:54
    3.  9.3 Tahapan Memulai Product Roadmap (Video) 08:37
    4.  9.4 Tahapan Memulai Product Roadmap Lanjutan (Video) 04:46
    5.  9.5 Epics Roadmap VS Features Roadmap (Video) 08:15
    6.  9.6 Perencanaan Perbaikan Sistem (Video) 06:27
    7.  9.7 Perencanaan Perbaikan Sistem Lanjutan (Video) 08:30
    8.  9.8 Memprioritaskan Roadmap dengan Teknik MoSCoW (Video) 09:27
  • Perencanaan dan Analisis Performa Produk (0:39:22)
    1.  10.1 Merencanakan Produk (Video) 09:12
    2.  10.2 Menganalisis Performa Produk (Video) 09:41
    3.  10.3 Tips Menganalisis Performa Produk (Video) 04:07
    4.  10.4 Penerapan Analisis Performa Produk (Video) 07:56
    5.  10.5 Mendapatkan Feedback Pengguna (Video) 08:26
  • Perencanaan Produk dalam Roadmap (0:20:09)
    1.  11.1 Menentukan Prioritas Produk (Video) 05:21
    2.  11.2 Framework Prioritas Produk (Video) 08:17
    3.  11.3 Perencanaan Produk Per Kuartal (Video) 06:31
  • Risiko-Risiko Produk (0:11:13)
    1.  12.1 Jenis-Jenis Risiko dalam Product Discovery (Video) 06:14)
    2.  12.2 Langkah-langkah Mitigasi Risiko (Video) 04:59
  • Product Discovery yang Berkelanjutan (0:05:59)
    1.  13.1 Product Discovery yang Berkelanjutan (05:59)
  • Rangkuman Teknik Menemukan Ide Produk Digital untuk Manajer Pengembang Aplikasi TIK (Product Manager) (0:14:00)
    1. 14.1 Rangkuman Teknik Menemukan Ide Produk Digital untuk Manajer Pengembang Aplikasi TIK (Product Manager) (14:00) 

 

Target Peserta:

  • Minimal pendidikan D3/S1
  • Mahasiswa umum atau masyarakat umum yang ingin mempelajari kompetensi pengembang aplikasi TIK
  • Staf UI/UX desainer, software engineer, business development, dan marketing yang ingin mendalami tentang keseluruhan proses pengembangan produk digital
  • Product manager perusahaan teknologi yang telah memiliki kemampuan dasar dan ingin meningkatkan kemampuan dalam proses pengembangan produk
  • Start-up founder yang ingin mendalami tentang proses pengembangan produk digital
  • Memiliki gawai (gadget) dengan koneksi internet yang stabil 
  • Memiliki pengetahuan dasar penggunaan komputer/laptop

 

Durasi:

Topik Durasi
Product Mindset & Double Diamond Framework 15 menit
Perkenalan Product Discovery 16 menit
Menentukan Visi dan Tujuan Produk  8 menit
Menentukan Segmentasi Pasar  32 menit
Menemukan Masalah atau Peluang 76 menit
Menemukan Solusi bagi Pengguna  79 menit
Membuat Prototipe Solusi 9 menit
Melakukan Percobaan Solusi ke Pengguna 24 menit
Memahami Product Roadmap 62 menit
Perencanaan dan Analisis Performa Produk 39 menit
Perencanaan Produk dalam Roadmap  20 menit
Risiko-Risiko Produk 61 menit
Product Discovery yang Berkelanjutan 6 menit
Rangkuman Teknik Menemukan Ide Produk Digital untuk Manajer Pengembang Aplikasi TIK (Product Manager) 14 menit
Total 394 menit


Level:

Basic.

 

Metode Pembelajaran:

Self paced learning : metode ajar yang digunakan adalah ceramah, peragaan dan demo tutorial

 

Metode Evaluasi:

  • Pre Test
  • Post Test
  • Formative Test
  • Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.

 

Sesi Konsultasi:

Tiap Jumat, jam 16.00-17.00 WIB, via LMS

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

 

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet.

  

Cara Reedem Voucher:

  1. Buka website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store.
  2. Pilih "MASUK" apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih "DAFTAR" jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy.
  3. Klik "TUKARKAN" pada bagian penukaran voucher di homepage atau halaman prakerja.
  4. Isikan kode voucher yang sudah didapatkan dari Pintaria setelah melakukan pembayaran.
  5. Setelah penukaran berhasil silakan klik 'Lihat Kelas' atau cek pada bagian "Kelas Saya" untuk mengikuti kelasnya.

Penyelenggara Kursus

Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy by Ruangguru merupakan wadah kursus online yang hadir menjadi solusi untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang yang dipersembahkan untuk para mahasiswa, profesional, dan umum. Skill Academy by Ruangguru memungkinkan siapapun untuk #MudahUpgradeSkill karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.


Para Instruktur

Teknik Menemukan Ide Produk Digital untuk Manajer Pengembang Aplikasi TIK (Product Manager) (Kelas Reguler)

oleh Skill Academy by Ruangguru,
KATEGORI Arts & design
KLASIFIKASI Training
METODE E-learning
DURASI 6 hours

HARGA

Rp650.000


Ulasan

/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1