prakerja

Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Seniman Digital

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Di kelas ini, kamu akan berlatih mengoperasikan perangkat lunak CorelDRAW sehingga kamu bisa memproduksi ilustrasi kamu sendiri. Seru ya, bisa bikin ilustrasi sendiri yang tentunya bisa menjadi bekal untuk kamu mencari kerja atau bahkan membuka bisnis sendiri di bidang ilustrasi. Kamu bisa mulai dari pengetahuan dasar membuat ilustrasi benda, buah, hewan, tumbuhan, alat transportasi, bangunan, dan karakter sehingga kamu dapat membuat membuat ilustrasi utuh seperti karakter dan latar sesuai permintaan pelanggan.

 

Tujuan Umum:

Peserta pelatihan dapat membuat ilustrasi benda, buah, hewan, tumbuhan, alat transportasi, bangunan dan karakter sesuai pesanan pelanggan atau konsumen melalui pengoperasian perangkat lunak CorelDRAW.

 

Tujuan Khusus:

  • Peserta memahami konsep dan dasar-dasar ilustrasi
  • Peserta memahami tujuan alat-alat yang disediakan CorelDRAW
  • Peserta dapat membuat ilustrasi benda dan buah-buahan
  • Peserta dapat membuat ilustrasi hewan dan tumbuhan
  • Peserta dapat membuat ilustrasi alat transportasi dan bangunan
  • Peserta dapat membuat ilustrasi manusia dan monster
  • Peserta memiliki kreativitas untuk membuat ilustrasi sesuai permintaan
  • Peserta memiliki ketelitian di dalam membuat ilustrasi digital
  • Peserta memiliki kedisiplinan di dalam pemenuhan tugas atau proyek

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  • Mengenal lingkungan pengolah grafis berbasis vektor dengan Corel Draw (terdapat dalam materi pendahuluan)
  • Mengenal berbagai fungsi tiap tool (terdapat dalam materi pendahuluan)
  • Memahami bentuk dan karakterisitik objek (terdapat pada materi Menggambar Meja, Membuat Bola Mambuat Pinguin dan Menggambar Monster)
  • Mengenal warna solid dan gradasi (terdapat pada materi Menggambar Semangka dan Menggambar Mobil)
  • Memahami pola yang terstruktur (terdapat pada materi Membuat Capung dan Membuat Tank)

Keterampilan (Skill):

  • Dapat menggunakan perangkat lunak berbasis vektor untuk membuat objek sederhana (terdapat pada materi Membuat Meja)
  • Dapat menggunakan pen tool untuk membuat path atau garis (terdapat pada materi Membuat Semangka)
  • Dapat memberi warna solid dan gradasi (terdapat pada materi Menggambar Mobil)
  • Dapat membuat pola (terdapat pada materi Menggambar Capung dan Menggambar Bunga Matahari)
  • Dapat menduplikasi objek dengan path (terdapat pada materi Membuat Tank)
  • Dapat membuat karakter (terdapat pada materi Membuat Pinguin dan Menggambar Monster)
  • Dapat membuat objek isometrik (terdapat pada materi Membuat Gedung Rumah Sakit)
  • Dapat menambahkan teks pada objek (terdapat pada membuat Gedung Rumah Sakit)
  • Dapat membuat transparansi pada sebuah objek (terdapat pada Mengambar Mercusuar dan Menggambar Monster)

Sikap (Attitude):

  • Kerapian dalam menggoreskan garis (terdapat pada materi Menggambar Monster)
  • Ketelitian dalam memberi detail pada objek (terdapat pada materi Membuat Tank)
  • Ketepatan dalam pemilihan warna sebuah objek (terdapat pada materi Menggambar Mercusuar)
  • Keteraturan dalam penataan objek (terdapat pada materi Menggambar Capung)
  • Bertanggung jawab untuk memenuhi pesanan klien sesuai dengan design brief (terdapat dalam materi Menggambar Monster).

 

Materi Pelatihan:

  • Modul 1 - Menggambar Meja 
  • Modul 2 - Membuat Bola
  • Modul 3 - Menggambar Semangka 
  • Modul 4 - Membuat Belimbing
  • Modul 5 - Menggambar Capung 
  • Modul 6 - Membuat Pinguin 
  • Modul 7 - Menggambar Bunga Matahari 
  • Modul 8 - Membuat Bunga Melati
  • Modul 9 - Menggambar Mobil 
  • Modul 10 - Membuat Tank 
  • Modul 11 - Menggambar Mercusuar 
  • Modul 12 - Membuat Gedung Rumah Sakit 
  • Modul 13 - Menggambar Monster 

 

Target Peserta:

  • SMA atau sederajat
  • Perancang grafis yang ingin belajar ilustrasi
  • Pembuat komik digital dan sampul buku 
  • Pekerja lepas di bidang ilustrasi dan grafis

 

Kebutuhan Sarana / Prasarana:

  • Memiliki Laptop atau PC
  • Memiliki Koneksi internet untuk mengakses materi
  • Memasang perangkat lunak Corel Draw (minimal) versi 18.0
  • Memiliki kemampuan menggambar manual (opsional)

 

Fasilitas:

Test akhir/Ujian akhir; Sertifikat penyelesaian; Forum diskusi; Webinar/live session.

 

Durasi:

Topik Durasi
 Modul 1 - Menggambar Meja 23 menit
 Modul 2 - Membuat Bola 20 menit
 Modul 3 - Menggambar Semangka 14 menit
 Modul 4 - Membuat Belimbing 30 menit
 Modul 5 - Menggambar Capung 28 menit
 Modul 6 - Membuat Pinguin 25 menit
 Modul 7 - Menggambar Bunga Matahari 25 menit
 Modul 8 - Membuat Bunga Melati 30 menit
 Modul 9 - Menggambar Mobil 20 menit
 Modul 10 - Membuat Tank 60 menit
 Modul 11 - Menggambar Mercusuar 38 menit
 Modul 12 - Membuat Gedung Rumah Sakit 38 menit
 Modul 13 - Menggambar Monster 36 menit
Total Durasi 409 menit


Level:

Basic

 

Metode Pembelajaran:

Self-paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah pembelajaran mandiri yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online.

 

Metode Evaluasi:

  • Pre test
  • Kuis
  • Post test
  • Uji Praktik

 

Jenis Sertifikat:

 

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60. 

 

Sesi Konsultasi:

Setiap Hari Rabu, Pukul 16.00 - 17.00 WIB Via Google Meet.

 

Cara Redeem Voucher:

  1. Buka www.gamelab.id/prakerja
  2. Masukkan kode voucher, tekan "Mulai Belajar"
  3. Input Nama, Email, Nomor HP, tekan "Kirim Data"
  4. Yes! Pelatihan siap dimulai

 Jika kesulitan mengakses, bisa whatsapp ke 081323844339 (Erlika).


Penyelenggara Kursus

GameLab

GameLab.ID adalah sebuah platform pengembangan skill dan karir berbasis teknologi digital dengan materi-materi yang telah disediakan oleh professional di bidangnya. Hingga saat ini kami memiliki ribuan peserta dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kami juga memiliki berbagai program yang mendukung tujuan tersebut yaitu program magang, program pelatihan dan program karir. Kami juga aktif bekerja sama dengan berbagai industri dan berbagai institusi pendidikan untuk mendekatkan dan menjembatani dunia pendidikan dan dunia industri.


Para Instruktur

Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Seniman Digital

oleh GameLab,
KATEGORI Arts & design
KLASIFIKASI Training
METODE E-learning
DURASI 7 hours

HARGA

Rp296.000


Ulasan

4.6/5

31 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1

DD

Prakerja

DEDEH

1 month ago

lumayan menambah pengetahuan

RN

Prakerja

RAHMAD NUR

1 month ago

Pembelajaran nya bagus dan cepat untuk di pahami

MD

Prakerja

MOH. AFDAL DJAILANI

5 months ago

Sangat membantu mengembangkan keahlian saya. Terimakasih prakerja dan gamelab

RM

Prakerja

RIZKY MULYANTO

5 months ago

Sangat memuaskan

Prakerja

HERLINA

6 months ago

Mantapp saya sangat suka belajar disni