prakerja

Membuat Desain Kaos dan Tumbler bagi Operator Desktop Publishing

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

Deskripsi:

Dalam era digital ini, desain grafis merupakan salah satu bidang yang sedang diminati sehingga mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik desain berupa grafis dan visual. Semua bidang dalam kehidupan membutuhkan desain grafis, terutama untuk kebutuhan bisnis dan meningkatkan brand. Semakin berkembangnya dunia desain muncul dekstop publishing sebagai cara untuk meningkatkan desainer grafis melakukan pekerjaan. Semakin banyak individu dan bisnis yang berkomunikasi secara digital, desain grafis dan perangkat lunak dekstop publishing tumbuh untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. Desktop publishing (disingkat DTP) adalah pembuatan dokumen menggunakan keterampilan tata letak halaman pada komputer pribadi . Perangkat lunak desktop publishing dapat menghasilkan layout dan menghasilkan kualitas tipografi teks dan gambar sebanding dengan tipografi tradisional dan pencetakan. Kompetensi yang akan dipelajari dalam pelatihan ini diantaranya : Menggunakan aplikasi berbasis vector dan bitmap; Menjalankan peralatan berbasis layer komputer.

 

Tujuan Umum:

  • Peserta mampu menggunakan aplikasi komputer untuk menghasilkan gambar, teks, tata letak, dan penggunaan untuk tampilan cetak dan media visual lainnya sesuai dengan konsep desain dan prosedur minimal 1 produk.
  • Peserta mampu mengoperasikan peralatan berbasis layer komputer untuk pemindaian, pemisahan warna, koreksi warna, masking, desain kreatif, menggabungkan, menerapkan, retouching dan proses lainnya sesuai dengan kebutuhan desain dari customer minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.

 

Tujuan Khusus:

  • Peserta mampu memahami penggunaan aplikasi desain berbasis vector dan bitmap
  • Peserta mampu membuat image menggunakan aplikasi desain berbasis vector dan bitmap
  • Peserta teliti dan cermat dalam menyiapkan aplikasi desktop publishing
  • Peserta mampu membuat layout dengan menggunakan desktop publishing

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  • Kompetensi 1 - Memahami cara menggunakan aplikasi berbasis vector & bitmap, terdapat di materi :
  1. Pengenalan desain grafis vector dan bitmap
  2. Pengenalan software CorelDraw

Keterampilan (Skill):

  • Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer, terdapat di materi :
  1. Pengenalan desktop publishing
  2. Membuat lembar kerja
  3. Pengenalan tool (pick & shape tool)
  4. Pengenalan tool (crop, zoom, pan tool)
  5. Pengenalan tool (freehand, rectangle, ellypse tool)
  6. Pengenalan tool (polygon - text tool)
  7. Pengenalan tool (block shadow - transparency)
  8. Pengenalan tool (warna)
  9. Pengenalan menu file
  10. Pengenalan menu edit
  11. Pengenalan menu view
  12. Pengenalan menu layout
  13. Pengenalan menu object (powerclip)
  14. Pengenalan menu object (order)
  15. Pengenalan menu object (group - lock)
  16. Pengenalan menu object (shapping)
  17. Pengenalan menu bitmap (text)
  18. Desain jersey (bagian 1)
  19. Desain jersey (bagian 2)
  20. Desain jersey (bagian 3)
  21. Desain jersey (bagian 4)
  22. Desain jersey (bagian 5)
  23. Desain jersey (bagian 6)
  24. Desain jersey (bagian 7)
  25. Desain jersey (bagian 8)
  26. Desain kemasan (bagian 1)
  27. Desain kemasan (bagian 2)
  28. Desain kemasan (bagian 3)
  29. Desain kemasan (bagian 4)
  30. Desain botol (bagian 1)
  31. Desain botol (bagian 2)
  32. Desain botol (bagian 3)
  33. Desain botol (bagian 4)
  34. Desain mug (bagian 1)
  35. Desain mug (bagian 2)

Sikap (Attitude):

Kompetensi 2 - Cermat dalam menjalankan peralatan berbasis layer komputer, terdapat di materi :

  1. Cermat dalam menggunakan pallet warna (bagian 1)
  2. Cermat dalam menggunakan pallet warna (bagian 2)

 

Materi Pelatihan:

  • Kompetensi 1 - Menggunakan aplikasi berbasis vector & bitmap
  1. Pengenalan desain grafis vector dan bitmap (00:09:55)
  2. Pengenalan software CorelDraw (00:09:57)
  • Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer
  1. Pengenalan desktop publishing (00:09:57)
  2. Membuat lembar kerja (00:09:15)
  3. Cermat dalam menggunakan pallet warna (bagian 1) (00:09:29)
  4. Cermat dalam menggunakan pallet warna (bagian 2) (00:09:36)
  5. Pengenalan tool (pick & shape tool) (00:09:55)
  6. Pengenalan tool (crop, zoom, pan tool) (00:10:30)
  7. Pengenalan tool (freehand, rectangle, ellypse tool) (00:09:42)
  8. Pengenalan tool (polygon - text tool) (00:08:57)
  9. Pengenalan tool (block shadow - transparency) (00:09:53)
  10. Pengenalan tool (warna) (00:09:57)
  11. Pengenalan menu file (00:10:35)
  12. Pengenalan menu edit (00:09:28)
  13. Pengenalan menu view (00:08:57)
  14. Pengenalan menu layout (00:07:41)
  15. Pengenalan menu object (powerclip) (00:09:40)
  16. Pengenalan menu object (order) (00:08:23)
  17. Pengenalan menu object (group - lock) (00:09:22)
  18. Pengenalan menu object (shapping) (00:09:14)
  19. Pengenalan menu bitmap (text) (00:09:10)
  20. Desain jersey (bagian 1) (00:08:06)
  21. Desain jersey (bagian 2) (00:09:38)
  22. Desain jersey (bagian 3) (00:09:07)
  23. Desain jersey (bagian 4) (00:09:45)
  24. Desain jersey (bagian 5) (00:09:46)
  25. Desain jersey (bagian 6) (00:09:03)
  26. Desain jersey (bagian 7) (00:07:58)
  27. Desain jersey (bagian 8) (00:09:55)
  28. Desain kemasan (bagian 1) (00:08:27)
  29. Desain kemasan (bagian 2) (00:09:07)
  30. Desain kemasan (bagian 3) (00:09:31)
  31. Desain kemasan (bagian 4) (00:09:41)
  32. Desain botol (bagian 1) (00:09:45)
  33. Desain botol (bagian 2) (00:09:48)
  34. Desain botol (bagian 3) (00:08:47)
  35. Desain botol (bagian 4) (00:09:32)
  36. Desain mug (bagian 1) (00:09:56)
  37. Desain mug (bagian 2) (00:08:04)

 

Target Peserta:

  • Pendidikan minimal SMA;
  • Memiliki koneksi internet yang stabil;
  • Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi CorelDraw yang terinstal;
  • Program pelatihan ini diperuntukkan oleh peserta, baik yang belum memiliki pengetahuan tentang desain grafis maupun yang sudah memiliki kemampuan di bidang desain grafis.

 

Durasi:

Topik Durasi
Kompetensi 1 - Menggunakan aplikasi berbasis vector & bitmap 26 Menit
Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer 367 Menit
Total 392 Menit

 

Metode Pembelajaran:

Self Paced Learning

 

Sesi Konsultasi:

Via Zoom , Setiap Hari Selasa Jam : 10.30 - 11.30 WIB

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet

 

Fitur:

  • Digital content material: Peserta bisa mengakses material belajar digital selama nya
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion).
  • Test akhir: tersedia
  • Forum diskusi: tidak tersedia
  • Online session: tersedia
  • Offline meet-up: tidak tersedia 

 

Level: 

Basic

 

Cara Redeem Voucher:

Jika anda belum memiliki Akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka wajib mendaftar atau membuat akun dengan cara:

  1. Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
  2. Klik tombol “Redeem Voucher”.
  3. Lengkapi data diri Anda, masukkan :
    • Kode Kupon -> Isi dengan kode kupon atau voucher
    • Nomor Pra Kerja -> Isi dengan 16 digit angka dan pastikan nomor prakerja Anda belum terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU
    • Nama Lengkap -> Sesuaikan dengan nama lengkap Anda pada akun Prakerja
    • Nomor Whatsapp -> Isi dengan nomor Whatsapp Anda
    • Email -> Pastikan alamat email Anda belum pernah terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU, jika sudah pernah terdaftar mohon untuk mengisi dengan alamat email yang lain
    • Password -> Buatlah kata sandi yang mudah diingat
    • Konfirmasi Password -> Isi dengan kata sandi yang sama.
  4. Klik tombol “Daftar
  5. Jika berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis peserta akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil redeem dan membuat akun di LMS YP Fitri Al-Baasitu.
  6. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung masuk ke dashboard pelatihannya, lalu klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.

 

Jika Anda sudah pernah melakukan registrasi (pendaftaran) atau sudah memiliki akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka bisa langsung masuk ke akun yang sudah didaftarkan dengan cara:

  1. Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
  2. Klik tombol “Login
  3. Masukkan “Email” dan “Password”.
  4. Setelah berhasil melakukan login, pilih tombol “Redeem Kupon”.
  5. Masukkan kode kupon / voucher terbaru Anda.
  6. Setelah berhasil melakukan redeem kupon, klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.

Penyelenggara Kursus

Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu

Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu merupakan Lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan yang telah menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi serta didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor Keputusan AHU-0001740.AH.01.05 Tahun 2021.

 

Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu merupakan Lembaga pelatihan yang berfokus pada layanan pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi digital guna terciptanya suasana pembelajaran yang efektif, efisien dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Dengan totalitas dan profesionalisme kerja, kami yakin mampu memberikan pelayanan yang optimal dan pengajar yang berkualitas sehingga mampu membantu masyarakat dalam mengakses pendidikan yang lebih baik. Program pelatihan yang kami tawarkan meliputi desain grafis, pemasaran digital, aplikasi perkantoran atau Microsoft Office dan AutoCAD. Program tersebut merupakan program yang banyak diminati oleh masyarakat umum dalam rangka upaya peningkatan kompetensi. Dengan kompetensi yang meningkat, diharapkan peserta didik memiliki daya Tarik lebih tinggi dalam dunia kerja ataupun dalam kegiatan berwirausaha.

 

Alamat website : https://fitrialbaasitu.com/


Para Instruktur

Membuat Desain Kaos dan Tumbler bagi Operator Desktop Publishing

oleh Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu,
KATEGORI Arts & design
KLASIFIKASI Training
METODE E-learning
DURASI 6 hours

HARGA

Rp500.000


Ulasan

5.0/5

2 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1

SS

Prakerja

SAERUN

3 days ago

penjelasan step by stepnya sangat jelas dan mudah dipahami

RS

Prakerja

ROY SHANDI SAPUTRO

1 month ago

SANGAT BERMANFAAT DAN PELATIHAN BERKUALITAS