PERHATIAN!
- Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
- Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
- Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
- Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.
Deskripsi:
Saat ini Indonesia memasuki revolusi industri dan era digitalisasi dimana secara mendasar telah mengubah kehidupan sosial masyarakat. Selain itu, dampaknya dalam dunia digital pada aspek industri desktop publishing yang saat ini melanda media massa pers, khusus untuk media cetak dan elektronik. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi komputer dan aplikasinya membuat perubahan yang cepat di industri percetakan, salah satunya desktop publishing. Desktop publishing (disingkat DTP) adalah pembuatan dokumen menggunakan keterampilan tata letak halaman pada komputer pribadi.Perangkat lunak desktop publishing dapat menghasilkan layout dan menghasilkan kualitas tipografi teks dan gambar sebanding dengan tipografi tradisional dan pencetakan.Kompetensi yang akan dipelajari dalam pelatihan ini diantaranya : Menggunakan aplikasi komputer untuk menghasilkan gambar, teks, tata letak, dan penggunaan untuk tampilan cetak dan media visual lainnya; Mengoperasikan peralatan berbasis layer komputer untuk pemindaian, pemisahan warna, koreksi warna, masking, desain kreatif,menggabungkan, menerapkan, retouching dan proses lainnya.
Tujuan Umum:
Peserta mampu menggunakan aplikasi komputer untuk menghasilkan gambar, teks, tata letak, dan penggunaan untuk tampilan cetak dan media visual lainnya sesuai dengan konsep desain dan prosedur minimal 1 produk.Peserta mampu mengoperasikan peralatan berbasis layer komputer untuk pemindaian, pemisahan warna, koreksi warna, masking, desain kreatif, menggabungkan, menerapkan, retouching dan proses lainnya sesuai dengan kebutuhan desain dari customer minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.
Tujuan Khusus:
1. Peserta mampu memahami penggunaan aplikasi desain berbasis vector dan bitmap
2. Peserta mampu membuat image menggunakan aplikasi desain berbasis vector dan bitmap
3. Peserta teliti dan cermat dalam menyiapkan aplikasi desktop publishing
4. Peserta mampu membuat layout dengan menggunakan desktop publishing
Aspek Kompetensi:
Pengetahuan (Knowledge):
Kompetensi 1 - Menggunakan aplikasi berbasis vector & bitmap, terdapat di materi :
1. Pengenalan aplikasi berbasis vector dan bitmap
Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer, terdapat di materi :
1. Menggunakan aplikasi desktop publishing
2. Billboard perumahan part 1 (Pengenalan interface & membuat dokumen baru)
3. Billboard perumahan part 2 (Membuat lembar baru, pengenalan menu bar)
4. Billboard perumahan part 3 (Pengenalan menu bar)
5. Billboard perumahan part 4 (Pengenalan palet, palet layer & toolbox)
6. Katalog makanan part 1 (Pengenalan interface & membuat dokument baru)
7. Katalog makanan part 2 (Pengenalan menu bar & options bar)
8. Katalog makanan part 3 (Pengenalan menu bar)
9. Katalog makanan part 4 (Pengenalan palet, palet layer & toolbox)
10. Editing foto wisuda part 1 (Pengenalan adobe photoshop)
11. Editing foto wisuda part 2 (Mengatur lembar kerja)
12. Editing foto wisuda part 3 (Pengenalan menu bar dan option bar)
13. Editing foto wisuda part 4 (Pengenalan palet, palet layer dan toolbox)
Keterampilan (Skill)
Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer, terdapat di materi :
1. Billboard perumahan part 5 (Pemasukkan objek, perintah free transform)
2. Billboard perumahan part 6 (Membuat dan mengubah teks)
3. Billboard perumahan part 7 (Membuat teks, perintah layer style)
4. Billboard perumahan part 8 (Shape fill (gradient) rectangle)
5. Billboard perumahan part 9 (Membuat rectangle tool & shape fill)
6. Billboard perumahan part 10 (Memasukkan objek & menduplikasi layer objek)
7. Billboard perumahan part 11 (Memasukkan objek & membuat teks)
8. Billboard perumahan part 12 (Membuat rectangle & polygon)
9. Billboard perumahan part 13 (Finishing objek & penyimpanan file)
10. Katalog makanan part 5 (Setting adjustment layer)
11. Katalog makanan part 6 (Mengubah teks & setting layer style teks)
12. Katalog makanan part 7 (Membuat grup layer baru & memasukkan objek)
13. Katalog makanan part 8 (Perintah merge layer & free transform objek)
14. Katalog makanan part 9 (Setting layer style objek)
15. Katalog makanan part 10 (Layout layer objek & setting opacity layer objek)
16. Katalog makanan part 11 (Finishing objek & menyimpan file)
17. Editing foto wisuda part 5 (Memasukkan objek, perintah free transform)
18. Editing foto wisuda part 6 (Menduplikasi layer, perintah layer mask & gradient tool)
19. Editing foto wisuda part 8 (Menghapus objek (layer mask dan brush tool)
20. Editing foto wisuda part 9 (Menduplikasi layer, setting grup baru layer & layer style)
21. Editing foto wisuda part 10 (Membuat teks, setting teks & layer style teks)
22. Editing foto wisuda part 11 (Membuat teks, perintah pen tool)
23. Editing foto wisuda part 12 (Setting brush tool efek & finishing editing)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer, terdapat di materi :
1. Editing foto wisuda part 7 (Menyeleksi background objek)
Materi Pelatihan:
- Kompetensi 1 - Menggunakan aplikasi berbasis vector & bitmap
- Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer
Target Peserta:
- SMA atau sederajat
- Memiliki koneksi internet yang stabil;
- Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi Adobe Photoshop yang terinstal;
- Program pelatihan ini diperuntukkan oleh peserta, baik yang belum memiliki pengetahuan tentang desain grafis maupun yang sudah memiliki kemampuan di bidang desain grafis.
Durasi:
Kompetensi 1 - Menggunakan aplikasi berbasis vector & bitmap |
19 Menit |
Kompetensi 2 - Menjalankan peralatan berbasis layer komputer |
372 Menit |
Total |
391 Menit |
Level:
Basic
Metode Pembelajaran:
Self Paced Learning
Metode Evaluasi Peserta:
- Pre Test
- Post Test
- Formative Kuis
- Tugas Praktek/uji Praktek
Jenis/Klasifikasi Sertifikat:
Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.
Sesi Konsultasi:
Via Google Meet, Hari:Kamis, Jam : 13.30-14.30 WIB
Cara Redeem Voucher:
Jika anda belum memiliki Akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka wajib mendaftar atau membuat akun dengan cara:
- Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
- Klik tombol “Redeem Voucher”.
- Lengkapi data diri Anda, masukkan :
- Kode Kupon -> Isi dengan kode kupon atau voucher
- Nomor Pra Kerja -> Isi dengan 16 digit angka dan pastikan nomor prakerja Anda belum terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU
- Nama Lengkap -> Sesuaikan dengan nama lengkap Anda pada akun Prakerja
- Nomor Whatsapp -> Isi dengan nomor Whatsapp Anda
- Email -> Pastikan alamat email Anda belum pernah terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU, jika sudah pernah terdaftar mohon untuk mengisi dengan alamat email yang lain
- Password -> Buatlah kata sandi yang mudah diingat
- Konfirmasi Password -> Isi dengan kata sandi yang sama.
- Klik tombol “Daftar”
- Jika berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis peserta akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil redeem dan membuat akun di LMS YP Fitri Al-Baasitu.
- Setelah berhasil melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung masuk ke dashboard pelatihannya, lalu klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.
Jika Anda sudah pernah melakukan registrasi (pendaftaran) atau sudah memiliki akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka bisa langsung masuk ke akun yang sudah didaftarkan dengan cara:
- Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
- Klik tombol “Login”
- Masukkan “Email” dan “Password”.
- Setelah berhasil melakukan login, pilih tombol “Redeem Kupon”.
- Masukkan kode kupon / voucher terbaru Anda.
- Setelah berhasil melakukan redeem kupon, klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.