PERHATIAN!
- Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
- Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
- Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
- Kursus yang sudah dibeli/sudah dilakunan pembayaran melalui prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.
Deskripsi:
Di era industri 4.0 di mana perkembangan 3D Printing semakin tinggi, maka kebutuhan profesi 3D Modeller sangatlah tinggi. Sekarang banyak perusahaan manufaktur modern yang membutuhkan jasa dari profesi di bidang ini.
Begitu juga di ranah industri kreatif. Dengan pertumbuhan industri game dan animasi di Indonesia, kebutuhan 3D Animator juga semakin tinggi. Dan bahkan untuk mencari pekerja di bidang ini masih terbilang sulit.
Tujuan Umum:
Peserta pelatihan dapat membuat model 3D, mengaplikasikan material 3D dan membuat animasi 3D sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan minimal satu 1 animasi durasi pendek.
Tujuan Khusus:
- Peserta dapat mengoperasikan aplikasi Blender 3D
- Peserta dapat membuat objek 3D dari dasar
- Peserta dapat memberi warna dan tulang
- Peserta dapat mengatur animasi, kamera dan pencahayaan
- Peserta dapat melakukan export ke berbagai media
- Peserta memiliki kreatifitas untuk mengembangkan objek 3D
- Peserta memiliki ketelitian di dalam pengerjaan proyek 3D
- Peserta memiliki kedisiplinan kerja dengan pelaporan dan tugas praktik
Aspek Kompetensi:
- Pengetahuan (Knowledge):
- Mengenal aplikasi grafis untuk membuat objek 3 Dimensi
- Memahami konsep pembuatan objek 3 dimensi dari pemodelan sampai dengan animasi
- Mengenal aplikasi grafis untuk memberi warna material
- Memahami konsep material tekstur pada objek 3 dimensi
- Memahami mekanika gerak dan skinning pada objek 3D
- Mengenal konsep dan teknik animasi objek 3D
- Mengerti konsep membuat lekukan dengan bantuan objek lainnya
- Mengerti konsep keseluruhan tahap membuat model sampai dengan animasi
- Keterampilan (Skill):
- Dapat menggunakan aplikasi grafis untuk membuat objek 3 Dimensi
- Dapat memberi warna material dengan aplikasi grafis 2D
- Dapat membuat material tekstur pada objek 3 dimensi
- Dapat melakukan mekanika gerak dan skinning pada objek 3D
- Dapat menggerakan (Animasi) objek 3D
- Dapat membuat objek melengkung dengan bantuan objek curve
- Sikap (Attitude):
- Kerapian dalam membuat objek 3 dimensi
- Ketelitian dalam menerapkan langkah Uv map agar menghasilkan material yang mudah dipahami
- Ketepatan dalam menerapkan skinning objek 3 Dimensi agar gerakan animasinya sesuai dengan pola geraknya
- Tanggung jawab, yaitu peserta harus mengikuti pelatihan dari awal sampai dengan akhir dengan bukti berupa tugas akhir sesuai dengan studi kasusnya
Materi Pelatihan:
- Pengantar permodelan 3D
- Membuat Permodelan Beruang
- Membuat Rantai
- Membuat UV Mapping Beruang
- Membuat Texturing Beruang
- Membuat Rigging Beruang
- Membuat Animasi Beruang
- Membuat Vas Bunga
- Membuat Pesawat
Target Peserta:
- SMP atau sederajat
- Memiliki laptop atau pc
- Koneksi internet untuk mengakses materi
- Memasang perangkat lunak Blender 3D 2.9
- Menguasai gambar perspektif (opsional)
Fasilitas:
Test akhir/Ujian akhir; Sertifikat penyelesaian; Forum diskusi; Webinar/live session.
Durasi:
Topik |
Durasi |
Pengantar permodelan 3D |
40 menit |
Membuat Permodelan Beruang |
50 menit |
Membuat Rantai |
60 menit |
Membuat UV Mapping Beruang |
41 menit |
Membuat Texturing Beruang |
8 menit |
Membuat Rigging Beruang |
40 menit |
Membuat Animasi Beruang |
23 menit |
Membuat Vas Bunga |
60 menit |
Membuat Pesawat |
40 menit |
Total |
362 menit |
Level:
Basic
Metode Pembelajaran:
Self-paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah pembelajaran mandiri yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online.
Metode Evaluasi:
- Pre test
- Kuis
- Post test
- Uji Praktik
Jenis Sertifikat:
Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.
Sesi Konsultasi:
Zoom Setiap Hari Rabu, Pukul 15.00 - 16.00 WIB Via Google Meet.
Cara Redeem Voucher:
- Buka www.gamelab.id/prakerja
- Masukkan kode voucher, tekan "Mulai Belajar"
- Input Nama, Email, Nomor HP, tekan "Kirim Data"
- Yes! Pelatihan siap dimulai
Jika kesulitan mengakses, bisa whatsapp ke 081323844339 (Erlika).