prakerja

Belajar Mempercantik Tampilan Aplikasi untuk Menjadi Desainer Website (Webinar)

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.

 

Deskripsi:

User Interface (UI) merupakan sebuah proses membuat tampilan dengan menggunakan perangkat komputer dan software tertentu yang berfokus pada desain aplikasi. User Interface merupakan komponen yang penting bagi sebuah website, aplikasi, maupun platform online lainnya. User Interface dapat menjadi salah satu faktor penentu bagi pengunjung agar tertarik untuk mengeksplorasi sebuah platform. Untuk itu, skill dalam mendesain User Interface merupakan hal yang patut dimiliki oleh programmer di era digital ini. Pada kelas ini, peserta akan mengeksplorasi, menggali dan mempelajari tentang peran seorang Desainer Website yang berfokus pada User Interface, bagaimana peran tersebut memainkan bagian penting dalam perusahaan yang sedang mengembangkan ide menjadi sebuah prototipe digital. Peserta juga akan mempelajari serta mempraktekkan berbagai keterampilan dan teknik yang harus dikuasai oleh seorang Desainer Website dengan menggunakan Figma mulai dari desain prototipe digital dari sebuah rapid prototype (Lo-Fidelity/Hi-Fidelity). Meskipun paling sering digunakan dalam bidang pengembangan produk perangkat lunak, pengetahuan yang diajarkan dalam program ini bukan hanya diterapkan pada industri pemograman saja, segala konsep, tool, dan teknik juga dapat diterapkan pada perindustrian di luar bidang teknologi informasi (IT). Bagi peserta yang tertarik untuk mengejar profesi ini sebagai karirnya, program ini mengajarkan pengetahuan dan praktik yang memadai, melalui berbagai sarana, latihan, proyek akhir sehingga setelah mengikuti program, peserta memiliki kompetensi yang bisa digunakan untuk menjadi seorang Desainer Website. Sistem pembelajaran dilakukan secara webinar, namun pelatih dan peserta akan menggunakan learning management system (LMS) dimana proses belajar mengajar akan mengacu pada konten yang tersedia di LMS tersebut. Akses ke learning management system akan diberikan oleh Tim Part-time Program Operasional Hacktiv8. Pada LMS, akan terdapat konten/material pembelajaran berupa reading, presentasi, assignment/quiz dan projek akhir dimana project merupakan project real-world dan relevan dengan kebutuhan di bidang pemasaran digital saat ini. Program akan dibawakan dalam Bahasa Indonesia dan komponen pembelajaran adalah 20% teori dan 80% practical learning.

 

Tujuan Umum:

Lulusan program ini mampu mendesain tampilan aplikasi sesuai dengan dasar interaksi manusia dengan komputer untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung aplikasi.

 

Tujuan Khusus:

  • Memahami definisi dan mindset seorang Desainer Website yang berfokus pada User Interface
  • Memiliki pengetahuan mendalam tentang seluruh siklus hidup desain, mencakup proses, tujuan & alat bantu desain
  • Mempelajari tentang cara pengambilan keputusan berdasarkan pengguna dengan dasar interaksi manusia-komputer dan aspek psikologis
  • Peserta peka terhadap desain User Interface yang baik bagi pengunjung dengan fokus melakukan riset
  • Menggunakan berbagai alat standart yang banyak digunakan di Industri dan hasil proyek yang ditampilkan untuk User Interface
  • Mampu membuat tampilan aplikasi yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung
  • Mampu mengikuti standar yang diminta oleh klien dengan manajemen waktu yang baik
  • Mampu menjelaskan bagaimana pengambilan keputusan desain melalui presentasi dari latihan dan tugas akhir yang bisa dijadikan portfolio pribadi

  

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge):

  • Dasar desain dan pengenalan tools UI/UX

Materi: Sesi 1 - Perkenalan: Perbedaan antara UI dan UX Design, Platform/Tools UI Design, Figma

  • Pola pikir Desainer Website yang berfokus pada User Interface

Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer

  • Design patterns

Materi: Sesi 3 - Design Patterns Utama untuk UI Designer

  • Jenis istilah desain dan prototyping

Materi: Sesi 4 - Digital Prototyping dan Tools

  • Jenis interaksi desain

Materi: Sesi 5 - Interaction Design

  • Implementasi digital prototype dari sample wireframe

Materi: Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe 

 

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill):

  • Menentukan penggunaan Tools Figma untuk kebutuhan Desainer Website

Materi: Sesi 1 - Perkenalan: berbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX, Figma

  • Menentukan langkah-langkah mengubah wireframe menjadi digital prototype

Materi: Sesi 1 - Perkenalan: berbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX, Figma 

Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer

  • Melakukan tahapan Design Patterns dengan tools Figma 

Materi: Sesi 3 - Design Patterns Utama untuk UI Designer

  • Melakukan tahapan pembuatan Mock-up Web/Apps Based

Materi: Sesi 4 - Digital Prototyping dan Tools

Materi: Sesi 5 - Interaction Design

  • Mengimplementasi digital prototype dari sample wireframe

Materi: Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe 

 

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude):

  • Fokus untuk melakukan riset sebagai seorang Desainer Website yang berfokus pada User Interface

Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer

Materi: Sesi 3 - Design Patterns Utama untuk UI Designer

Materi: Sesi 4 - Digital Prototyping dan Tools

Materi: Sesi 5 - Interaction Design

Materi: Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe

  • Mengikuti standar requirement digital prototipe yang sudah ditentukan oleh klien

Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer

Materi: Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe

  • Mengatur waktu pengerjaan setiap tugas pada saat mendesain aplikasi

Materi: Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe 

 

Materi Pelatihan:

  • Sesi 1 - Perkenalan: Perbedaan antara UI dan UX Design, Platform/Tools UI Design, Figma (120:00)

UI/UX Overview (Ceramah Interaktif - 60:00)

Tools UI/UX (Demonstrasi - 40:00)

Fundamental UI/IX tools (Latihan/Praktek Langsung - 20:00)

  • Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer (120:00)

Mindset UI Designer (Ceramah Interaktif, Latihan/Praktek Langsung - 120:00)

  • Sesi 3 - Design Patterns Utama untuk UI Designer (120:00)

Design Pattern (Latihan/Praktek Langsung - 120:00)

  • Sesi 4 - Digital Prototyping dan Tools (120:00)

Digital Prototyping (Demonstrasi, Latihan/Praktek Langsung -120:00)

  • Sesi 5 - Interaction Design (120:00)

Macrointeraction Design & Microinteraction Design (Ceramah Interaktif - 120:00)

  • Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe (50:00)

Goals Setting & Time Management (Ceramah Interaktif - 10:00)

Final project (Ceramah Interaktif - 50:00) 

 

Target Peserta:

  • Pendidikan minimal SD atau sederajat
  • Program ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki latar belakang di industri teknologi (pengembang, desainer, pemilik/manajer produk)
  • Tidak diperlukan pengalaman pemrograman atau pengembangan aplikasi web apa pun sebelumnya. Namun, apabila memiliki pengalaman dalam mengoperasikan Adobe Photoshop akan lebih baik.
  • Peserta wajib menggunakan komputer/laptop
  • Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB dan setidaknya ada 128GB storage available

 

Durasi:

Topik Durasi
Sesi 1 - Perkenalan: Perbedaan antara UI dan UX Design, Platform/Tools UI Design, Figma 120 Menit
Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer 120 Menit
Sesi 3 - Design Patterns Utama untuk UI Designer 120 Menit
Sesi 4 - Digital Prototyping dan Tools 120 Menit
Sesi 5 - Interaction Design 120 Menit
Sesi 6 - Final project: Implementasi Digital Prototype dari sample wireframe 60 Menit
   
Total Durasi 660 Menit

 

Metode Pembelajaran:

Webinar

  

Sesi Konsultasi:

Via Google Meet Setiap Hari Jumat Pukul 18.00 - 19.00 WIB

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet

 

Fitur:

  • Digital content material: Peserta bisa mengakses material belajar digital selama nya
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion).
  • Test akhir: tersedia
  • Forum diskusi: tidak tersedia
  • Online session: tersedia
  • Offline meet-up: tidak tersedia 

 

Level:

Basic

 

Cara Reedem Voucher:

 


Penyelenggara Kursus

Hacktiv8

Hacktiv8 (Web Developer Training) telah berdiri dari 1 tahun sejak tahun 2006. Perusahaan ini terdiri 11 - 50 para kariawan dan kantor pusat mereka ada di lokasi Jakarta Pusat. Selain itu,


Para Instruktur

Belajar Mempercantik Tampilan Aplikasi untuk Menjadi Desainer Website (Webinar)

oleh Hacktiv8,
KATEGORI Kreatif, IT
KLASIFIKASI Training
METODE Webinar
DURASI 11 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

HARGA

Rp669.000


Ulasan

/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1