prakerja

Teknik Membuat Aplikasi Mobile Dengan Flutter

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai platform untuk mencari pekerjaan seperti Linkedin dan Glints terdapat kurang lebih 1000 lowongan untuk posisi  Pengembang Aplikasi dan Sistem (Flutter Developer). Melalui pelatihan ini, peserta akan dilatih untuk menjadi flutter developer yang berkualitas dengan modul pelatihan Introduction Algorithm & CLI, Version Control Git, Basic Dart Programming, Introduction Mobile App Development & Flutter, Install flutter and tools , Stateless & Stateful Widget, Platform Widget, Layout, Navigation.

 

Tujuan Umum:

Peserta pelatihan mampu membuat aplikasi mobile menggunakan Flutter dengan menunjukkan nilai minimal 60% pada saat unjuk keterampilan.

 

Tujuan Khusus:

  1. Mempelajari dan melakukan implementasi Algoritma Pemrograman & Mempelajari Command Line Interface
  2. Mampu menggunakan dan melakukan implementasi perintah - perintah di version control git seperti push, pull, add remote, merge dan lain sebagainya
  3. Mampu menyelesaikan masalah dengan basic dart programming seperti variabel, condition, loop, dan function
  4. Memahami cara membuat aplikasi mobile menggunakan flutter & Berhasil menggunakan tools pengamangan flutter dengan visual studio code, android studio, android sdk dan flutter sdk
  5. Mampu mengimplementasi dan membedakan antara penggunakan dari stateless widget dan stateful widget
  6. Mampu menggunakan platform widget untuk membuat aplikasi mobile flutter
  7. Mampu membuat layout sederhana dengan menerapkan container, row, dan column
  8. Mampu membuat aplikasi mobile berpindah halaman antara satu dengan lainnya 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Kognitif):

  1. Memahami penggunaan algoritma dan CLI
  2. Mengelola kode yang telah dibuat dengan algoritma yang diajarkan.
  3. Menggunakan algoritma dan CLI untuk diterapkan pada kode yang dibuat.
  4. Memahami proses manajemen proyek dalam pengembangan perangkat lunak.
  5. Mengelola kode yang telah dibuat oleh team dengan menggunakan version control yang diajarkan di pelatihan.
  6. Melakukan implementasi github pada manajemen proyek yang mereka lakukan.
  7. Menyusun dasar-dasar pemrograman bahasa pemrograman Dart
  8. Mengelola kode yang dikerjakan dengan bahasa Dart
  9. Menggunakan bahasa dart untuk menyelesaikan masalah pemrograman.
  10. Menyusun pemahaman terkait alur kerja pembuatan aplikasi mobile
  11. Mengelola aplikasi pendukung untuk dapat menggunakan flutter
  12. Menggunakan tools dan environment yang ada untuk persiapan penggunaan framework flutter.
  13. Menyusun aplikasi menggunakan flutter
  14. Mengelola Stateless & Stateful widget
  15. yang ada pada flutter sehingga membuat tampilan mobile
  16. Menggunakan setiap Stateless & Stateful widget yang diperlukan untuk
  17. pembuatan aplikasi menggunakan framework flutter
  18. Menyusun widget dasar di dalam flutter
  19. Mengelola widget yang digunakan untuk menyusun sebuah fitur
  20. Menggunakan setiap widget di dalam flutter untuk melakukan implementasi pada framework flutter
  21. Menyusun setiap widget/component
  22. dalam flutter pada layout yang telah disediakan
  23. Mengelola layout pada flutter sesuai dengan kebutuhan
  24. Menggunakan framework flutter untuk melakukan tata letak setiap widget yang dibuat dengan memanfaatkan layouting.
  25. Menyusun setiap halaman pada flutter
  26. Mengelola navigation pada setiap halaman dengan menggunakan framework flutter
  27. Menggunakan flutter navigation untuk berpindah-pindah halaman

Keterampilan (Psikomotorik):

  1. Melakukan perubahan branch (version control) menggunakan CLI dan kolaborasi dalam proyek dengan menggunakan Git.
  2. Menyusun, repository project yang terstruktur dan terorganisir hasil kerja team dengan menggunakan Git dan Github.
  3. Menyusun penggunaan tipe data, deklarasi variabel, berbagai macam operator, function secara tepat di Dart
  4. Merakit penggunaan tools pendukung dan environment yang dibutuhkan untuk menjalankan framework flutter.
  5. Membangun hasil penggunaan Stateless dan  Stateful widget untuk membuat tampilan mobile.
  6. Membangun fitur yang tersusun dari widget-widget dalam framework flutter.
  7. Menampilkan implementasi konsep ke dalam aplikasi agar menghasilkan component aplikasi yang menarik dan informatif
  8. Menata halaman aplikasi yang dapat berpindah-pindah hasil dari pengimplementasian dan pengelolaan navigation.

Sikap Kerja (Afektif):

  1. Mampu bekerja dalam tim dan Teliti dalam penggunaan Algoritma dan CLI
  2. Terstruktur dan Berpikir kritis ketika membangun fundamental mobile application
  3. Berfikir kritis ketika menggunakan dasar-dasar pemrograman Dart
  4. Inovatif untuk membangun application mobile menggunakan flutter
  5. Berbasis Objek untuk pembuatan mobile layouting berbasik flutter
  6. Kreatif ketikamenggunakan widget pada flutter
  7. Berhasil melakukan pemecahan pada layouting pada flutter
  8. Komunikatif untuk menyusun navigasi di flutter

 

Materi Pelatihan:

  1. Introduction Algorithm & CLI
  2. Version Control Git
  3. Basic Dart Programming
  4. Introduction Mobile App Development & Flutter Install flutter and tools
  5. Stateless & Stateful Widget
  6. Platform Widget
  7. Layout
  8. Navigation

 

Target Peserta:

  • Telah menyelesaikan pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat.

 

Durasi:

Topik Durasi

Introduction Algorithm & CLI

160 menit

Version Control Git

120 menit

Basic Dart Programming

120 menit

Introduction Mobile App Development & Flutter Install flutter and tools

120 menit

Stateless & Stateful Widget

 120 menit

Platform Widget

120 menit

Layout

120 menit

Navigation

120 menit
Total 960 menit

 

Metode Evaluasi:

  • PRE-TEST & POST-TEST
  • KUIS
  • UNJUK KETERAMPILAN
    • Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan: Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir berakhir
    • Instruksi unjuk keterampilan: Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas unjuk keterampilan

 


Level:

Basic.

 

Metode Pembelajaran:

Online atau Daring

 

Metode Evaluasi:

  1. Pretest
  2. Formative Test/Kuis
  3. Post test
  4. Penilaian Unjuk Keterampilan

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

Sertifikat Penyelesaian diberikan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti seluruh materi pelatihan dan menyelesaikan Evaluasi Akhir sampai dengan Unjuk Keterampilan.

Bagi peserta yang mendapatkan nilai Unjuk Keterampilan mencapai skor 80 atau lebih mendapatkan Sertifikat Berpredikat.

  

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

  • Memiliki laptop dengan spesifikasi Core i3 2.5Ghz atau lebih, ram 4 Gb atau lebih, storage SSD/HDD 500 GB
  • Memiliki koneksi internet upload 1 Mb dan download 4 Gb
  • Memiliki ketertarikan terkait bahasa pemrograman Flutter atau dunia industri IT

 

 Jadwal Pelatihan

  • Batch 1. 01-05-2023 s.d  05-05-2023 dan 08-05-2023 s.d 10-05-2023
  • Batch 2. 29-05-2023 s.d 02-06-2023 dan 05-06-2023 s.d 07-06-2023
  • Batch 3. 26-06-2023 s.d 30-06-2023 dan 03-07-2023 s.d 05-07-2023

 

Cara Redeem Prakerja:

  1. Login melalui website Pintar.co dengan klik tombol Masuk
  2. Masukkan email atau nomor telepon yang telah kamu daftarkan di akun PINTAR
  3. Lihat pelatihan yang telah kamu beli pada halaman Kelas Saya
  4. Klik judul kelas yang telah kamu beli dan kamu akan melihat tombol Redeem atau Lihat voucher 
  5. Jika tombol yang tersedia adalah Lihat Voucher, klik tombol tersebut, dan akan muncul kode voucher beserta tata cara penggunaannya
  6. Jika tombol yang tersedia adalah Redeem, klik tombol tersebut, dan akan muncul kolom yang harus kamu isi dengan kode redeem yang telah kamu peroleh dari dashboard Prakerja
  7. Masukkan kode redeem tersebut, lalu klik tombol Gunakan

Jadwal

Batch tidak tersedia
Penyelenggara Kursus

Alterra Academy

.


Para Instruktur

Teknik Membuat Aplikasi Mobile Dengan Flutter

oleh Alterra Academy
MIN. EDUKASI SMA atau sederajat
MAX. EDUKASI S3
MIN. UMUR 18 Tahun
MAX. UMUR 65 Tahun
TIPE KELAS Daring
LOKASI -
KATEGORI IT, Programming, Bermanfaat, Populer, Terbaru
KLASIFIKASI Pelatihan

HARGA

Rp1.500.000

Teknik Membuat Aplikasi Mobile Dengan Flutter

Rp1.500.000
MIN. EDUKASI SMA atau sederajat
MAX. EDUKASI S3
MIN. UMUR 18 Tahun
MAX. UMUR 65 Tahun
TIPE KELAS Daring
LOKASI -
KATEGORI IT, Programming, Bermanfaat, Populer, Terbaru
KLASIFIKASI Pelatihan

Ulasan

4.7/5

109 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1

KK

Prakerja

K****i

4 months ago

Mantap materi dan pematerinya

TT

Prakerja

T****o

4 months ago

mantappj

AB

Prakerja

ACHMAD HASAN BASHORI

4 months ago

Coursenya mudah dipahami dan menyenangkan, terdapat pelatihan dan praktik sehingga yang masih awam dapat mengerti dengan mudah, Mentor juga membawakan materi dengan baik, dari segi materi, mengatasi kendala para audience, dan memberikan motivasi yang bersifat membangun kepada para audience.

MM

Prakerja

M****l

4 months ago

bagus dan menarik. Trainer dan Co-Trainner nya sudah berpengalaman dan penalaian saya baik.

YY

Prakerja

Y****

4 months ago

mantap