prakerja

Menjadi Atlet Esports (Bauran)

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Industri esports pada era 4.0 mendapat popularitas lebih tinggi dan makin berkembang pesat. Esports atau Electronic Sports merupakan cabang olahraga yang menampilkan pemain video games yang terampil bermain secara kompetitif. Sama halnya dengan cabang olahraga konvensional seperti sepak bola, basket, atau voli, esports pun memiliki pertandingan dalam berbagai lingkup kejuaraan.

 

Peluang dan Urgensi Pelatihan

Esports kini menjadi peluang potensial dalam pengembangan bisnis dan berkarier bagi generasi muda. Kompetisi esports terus berintegrasi ke dalam budaya populer, investor global, merek, media, dan konsumen yang semuanya berimplikasi pada peningkatan popularitas esports.

 

Kelas pelatihan ini sangat cocok bagi kamu yang tertarik terjun ke industri esports. Dalam pelatihan ini kamu akan mempelajari sejarah, tren, cara kerja, prospek yang ditawarkan industri esports, dan bagaimana menjadikannya sebagai karier masa depan yang cemerlang.

 

Tujuan Umum:

Peserta mampu mempersiapkan karier sebagai atlet di industri esports dengan menerapkan pengetahuan tentang cara kerja dan strategi terjun ke industri esport secara tepat.

 

Tujuan Khusus: 

  • Peserta memiliki pengetahuan tentang definisi esport dan sejarah industri esport dan perkembangannya hingga saat ini
  • Peserta mampu membaca tren, peluang dan prospek karier di industri esports
  • Peserta mampu menerapkan keahlian dan strategi yang dipelajari dalam simulasi turnamen esports
  • Peserta dapat menunjukkan konsistensi dalam membangun relasi di industri esports
  • Peserta mampu menunjukkan sikap adaptif dan dapat bekerja sama dalam tim dengan baik

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  • Kompetensi Peserta memahami jenis esports berdasarkan genre esports yang populer dan banyak dipertandingkan terdapat di materi 3 Genre Esports yang Paling Mendominasi
  • Kompetensi Peserta memahami langkah-langkah untuk memulai karier di dunia esports terdapat di materi Jalur Menuju Menjadi Atlet Esports
  • Kompetensi Peserta memiliki pengetahuan untuk menjangkau target pasar esports secara efektif terdapat di materi Target Pasar Penyiaran
  • Kompetensi Peserta memahami cara penyiaran media esports termasuk terdapat di materi Penyiaran & Media Esports
  • Kompetensi komponen-komponen media penyiarannya terdapat di materi Komponen-komponen untuk penyiaran langsung

Keterampilan (Skill):

  • Kompetensi Peserta mampu menerapkan keahlian dan strategi yang tepat dalam menjalani peran sebagai atlet industri esports terdapat di materi Pengenalan Taktik dan Teknik dalam E-sports 
  • Kompetensi Peserta mampu membaca tren esports yang sedang berkembang terdapat di materi Memahami Audio dalam Esports
  • Kompetensi Peserta mampu mengelola tim esports baik sebagai kapten maupun manajer sebuah tim esports terdapat di materi Mengatur Badan yang Baik ketika Bertanding: Postur Badan, Posisi Mata, Pemanasan, dan Latihan Mekanik
  • Kompetensi Peserta mampu menyelenggarakan event/acara esports dan memproduksi streaming/broadcasting esports terdapat di materi Cara Berpikir ketika Bertanding
  • Kompetensi Peserta mampu membangun relasi yang luas di industri esports terdapat di materi Battle Royale

Sikap (Attitude): 

  • Kompetensi Peserta mampu menunjukkan sikap gigih dan teliti dalam berkarier di industri esports terdapat di materi Berkomunikasi di dalam FPS
  • Kompetensi Peserta bertanggung jawab dan dapat bekerja sama dengan baik sebagai atlet di industri esports terdapat di materi Bekerja sama di dalam FPS
  • Kompetensi Peserta mampu menjaga konsistensi ketika berkarier di industri esports terdapat di materi Mental dan Sikap Atlet
  • Kompetensi Peserta mampu menyelenggarakan event/acara esports dan memproduksi streaming/broadcasting esports terdapat di materi Cara Berpikir ketika Bertanding
  • Kompetensi Peserta mampu mengatasi tantangan dan stigma yang ada di dalam industri esports terdapat di materi Mengurangi Grogi dan Gugup

 

Materi Pelatihan: 

  • Pembukaan 3:33
  • 3 Genre Esports yang Paling Mendominasi 4:21
  • Jalur Menuju Menjadi Atlet Esports 4:31
  • Berkarir di Esports 3:35
  • Genre Multiplayer Online Battle Arena 3:43
  • Peran di dalam MOBA 5:54
  • Rotasi dalam MOBA 7:05
  • Drafting dalam MOBA 7:55
  • Posisi dalam MOBA 1 8:27
  • Posisi dalam MOBA 2 8:40
  • Mengontrol Objektif di MOBA 8:21
  • Manajemen Lane di Dalam MOBA 5:12
  • Vision Control 5:01
  • Berkerjasama dan Komunikasi 9:33
  • Genre First Person Shooter 5:41
  • Sudut dan Posisi di FPS 5:11
  • Berkomunkasi di dalam FPS 3:25
  • Berkerjasama di dalam FPS 4:52
  • Taktik Lanjutan FPS 3:09
  • Kemampuan Bermain Mikro dan Makro 2:56
  • Mental dan Sikap Atlet 2:18
  • Gerakan di dalam FPS 10:24
  • Counter Strafe 9:39
  • Penempatan Crosshair 7:47
  • Fokus Crosshair 7:47
  • Perkenalan Pengaruh Audio dalam Game FPS 1 8:14
  • Perkenalan Pengaruh Audio dalam Game FPS 2 5:20
  • Teknikal Audio dalam Game FPS 1 8:00
  • Teknikal Audio dalam Game FPS 2 5:20
  • Postur Badan 9:47
  • Posisi Mata dalam Bermain Game 7:52
  • Pemanasan sebelum bermain game bagian 1A 7:38
  • Pemanasan sebelum bermain game bagian 1B 7:40
  • Pemanasan sebelum bermain game bagian 2A 7:34
  • Pemanasan sebelum bermain game bagian 2B 8:29
  • Pemanasan sebelum bermain game bagian 3 4:52
  • Latihan Mekanik 10:14
  • Prediksi Gerakan Musuh 9:02
  • Cara Berpikir Atlet Esports 1 9:02
  • Cara Berpikir Atlet Esports 2 5:25
  • Mengurangi Grogi dan Gugup 1 9:27
  • Mengurangi Grogi dan Gugup 2 4:22
  • Genre Battle Royale 1 8:50
  • Genre Battle Royale 2 5:21
  • Battle Royale: Tools 2:52
  • Battle Royale: Scouting 2:58
  • Rotasi di dalam Battle Royale 1 6:08
  • Rotasi di dalam Battle Royale 2 5:46
  • Battle Royale: Posisi Menahan 10:55
  • Battle Royale: Posisi Menyerang 5:26
  • Battle Royale: Taktik Lanjutan 7:09
  • Komunikasi & Kerjasama di dalam Battle Royale 3:43
  • Pengetahuan Peta: Erangel 1 9:08
  • Pengetahuan Peta: Erangel 2 6:52
  • Pengetahuan Peta: Miramar 9:11
  • Pengetahuan Peta: Sanhok 8:55
  • Persiapan Mental Seorang Atlet Esport 9:40
  • Manajemen Esports 6:21
  • Pelatih Esports 9:03
  • Nilai Streamer di dalam Esports 4:05
  • Target Pasar 6:21
  • Penyiaran & Media Esports 7:26
  • Casters & Analyst 8:07
  • Komponen-komponen untuk penyiaran langsung 6:37 

 

Target Peserta:

  • Pendidikan minimal SMA (Kelas 12)
  • Mahasiswa
  • Profesional

 

Durasi:

Topik Durasi
Pengenalan E-sports 17 Menit
Kerja Sama Team dalam E-sports 62 Menit
Pengenalan Taktik dan Teknik dalam E-sports 57 Menit
Memahami Audio dalam E-sports 26 Menit
Mengatur Badan yang baik Ketika Bertanding 59 Menit
Cara Berpikir Ketika Bertanding 36 Menit
Battle Royal  53 Menit
Pengetahuan Peta 32 Menit
Mempersiapkan Mental dan Manajemen E-sports 28 Menit
Target Pasar dan Penyiaran Media E-sports 27 Menit
   
Total Durasi 420 menit

 

Level:

Basic

 

Metode Pembelajaran:

Hybrid: Metode ajar yang digunakan adalah gabungan metode webinar yang diadakan secara synchronize dan metode self paced learning yang memungkinkan peserta belajar kapan saja dan di mana saja.

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.

 

Sesi Konsultasi:

Setiap Hari Rabu Pukul 16.00 - 17.00 Via Zoom.

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet.

 

Fitur:

  • Digital content material: Peserta bisa mengakses material belajar digital selama nya
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion).
  • Test akhir: tersedia
  • Forum diskusi: tidak tersedia
  • Online session: tersedia
  • Offline meet-up: tidak tersedia

 

Cara Reedem Voucher:

  1. Login ke Qourse.id dengan menggunakan akun email yang telah kami berikan
  2. Setelah masuk pilih kelas dengan judul "Menjadi Atlet Esports"
  3. Klik beli kerlas 
  4. Masukan kode voucher di metode pembayaran 

Penyelenggara Kursus

Qourse.id

Qourse.id adalah sebuah digital learning platform yang berada di bawah naungan PT Qerja Akademi Indonesia yang masih terafiliasi dengan PT Qerja Manfaat Bangsa, sebuah start-up yang bertujuan untuk memenuhi rekrutmen perusahaan secara end-to-end. Qourse.id dibuat dengan mimpi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia.


Para Instruktur

Menjadi Atlet Esports (Bauran)

oleh Qourse.id
KATEGORI Business & Management
KLASIFIKASI Training
METODE Full Online Learning
DURASI 7 hours
KAPASITAS PESERTA 100 Orang

HARGA

Rp250.000

Menjadi Atlet Esports (Bauran)

Rp250.000

Ulasan

0/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1
Belum ada ulasan untuk kursus ini

Jadilah yang pertama membeli kursus ini dan memberikan ulasan