Mendesain Poster dan Iklan Produk bagi Perancang Grafis dan Multimedia

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata letak. Perancang grafis dan multimedia mengalami perkembangan yang sangat pesat dan merupakan salah satu bidang yang sedang banyak diminati. Profesi ini tergolong berprospek, dan seringkali dibutuhkan di banyak perusahaan. Berdasarkan Proyeksi Kebutuhan Tenaga Kerja Menurut Sektor dan Jabatan tahun 2019-2024, jenis jabatan perancang grafis dan multimedia mengalami peningkatan kebutuhan pekerja terbesar di sektor jasa perusahaan Indonesia tahun 2018-2024, yaitu pada tahun 2018 sejumlah 11.843, tahun 2024 sejumlah 24.314, dan pertambahan 2018-2024 (orang/tahun) adalah 2.079. (KEMNAKER 2019, Hal.101)

Program pelatihan ini menggunakan aplikasi berbasis Adobe Photoshop sebagai media perangkat lunak desain untuk belajar membuat karya desain. Kompetensi yang akan dipelajari meliputi : Menganalisis kebutuhan komunikasi fungsional; Menciptakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi; Merancang grafis kompleks untuk desain; Merinci dan mendokumentasikan desain; Menentukan tujuan dan kendala dari desain; Merumuskan konsep desain; Negosiasi solusi desain dengan manajemen; Mempersiapkan sketsa, ilustrasi dan layout; Memilih dan menentukan bahan fungsional; Melaksanakan produksi dari media yang dipilih.

 

Tujuan Umum:

  • Peserta mampu melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan komunikasi fungsional sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu menciptakan gambar dua dimensi dan tiga dimensi sesuai dengan konsep desain dan prosedur minimal 1 produk.
  • Peserta mampu merancang grafis kompleks untuk memenuhi kebutuhan fungsional, estetika dan kreatif dari desain sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu merinci dan mendokumentasikan desain yang dipilih untuk produksi sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu menentukan tujuan dan kendala dari desain melalui konsultasi dengan klien dan pemangku kepentingan sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu merumuskan konsep desain untuk subjek yang akan dikomunikasikan sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu negosiasi solusi desain dengan klien, manajemen, staf penjualan, dan produksi sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu mempersiapkan sketsa, diagram, ilustrasi, dan layout untuk mengkomunikasikan konsep desain sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu memilih, menentukan, atau merekomendasikan bahan fungsional dan estetika, serta media untuk publikasi, pengiriman atau tampilan sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  • Peserta mampu mengawasi atau melaksanakan produksi dalam media yang dipilih sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.

 

Tujuan Khusus: 

  • Peserta mampu menggali materi informasi yang berkaitan dengan pengetahuan dasar komunikasi
  • Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar komunikasi
  • Peserta mampu membedakan komponen komunikasi
  • Peserta mampu menerapkan pengetahuan dasar komunikasi visual
  • Peserta memahami cara mempersiapkan informasi
  • Peserta teliti dalam menganalisis informasi
  • Peserta mampu memahami project brief
  • Peserta memahami cara menyusun desain brief
  • Peserta memahami cara melaksanakan desain brief
  • Peserta cermat dalam memilih jenis perangkat lunak
  • Peserta memahami cara menetapkan perangkat lunak
  • Peserta mampu menerapkan materi informasi yang berkaitan dengan pengetahuan dasar desain
  • Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar seni rupa
  • Peserta mampu menjelaskan pengertian dasar desain sebagai bagian dari lingkup seni rupa
  • Peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai sejarah seni rupa dan desain
  • Peserta cermat dalam merumuskan informasi kunci
  • Peserta memahami cara melaksanakan project brief
  • Peserta memahami cara mengembangkan informasi kunci
  • Peserta memahami cara mengolah gagasan konsep desain
  • Peserta mampu mengkomunikasikan konsep desain dalam tim internal
  • Peserta mampu menetapkan konsep desain dalam tim internal
  • Peserta mampu mengidentifikasi desain brief atau project brief
  • Peserta mampu membuat sketsa karya desain
  • Peserta memahami cara mengembangkan wujud karya desain
  • Peserta memahami cara mendiskusikan wujud karya desain
  • Peserta mampu menciptakan purwarupa/dummy karya desain
  • Peserta mampu membuat production brief
  • Peserta teliti dalam mengelola anggaran produksi
  • Peserta memahami cara mengkoordinasikan produksi dengan seluruh pihak terkait
  • Peserta memahami cara mengorganisir dokumen dan materi terkait proses penyelesaian pekerjaan desain
  • Peserta memahami cara mengintegrasikan keseluruhan proses desain.

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  1. Kompetensi 1 - Memahami cara menganalisis kebutuhan komunikasi fungsional, terdapat di materi :
    • 1.1 Komunikasi fungsional
  2. Kompetensi 2 - Memahami cara menciptakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi, terdapat di materi :
    • 2.1 Menciptakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi
  3. Kompetensi 3 - Memahami cara merancang grafis kompleks untuk desain, terdapat di materi :
    • 3.1 Merancang grafis kompleks
  4. Kompetensi 5 - Memahami cara menentukan tujuan dan kendala dari desain, terdapat di materi :
    • 5.1 Menentukan tujuan dan kendala desain
  5. Kompetensi 7 - Memahami cara negosiasi solusi desain dengan manajemen, terdapat di materi :
    • 7.1 Negosiasi solusi desain
  6. Kompetensi 10 - Memahami cara melaksanakan produksi dari media yang dipilih, terdapat di materi :
    • 10.1 Mengawasi atau melaksanakan produksi.

Keterampilan (Skill):

  1. Kompetensi 9 - Memilih & menentukan bahan fungsional, terdapat di materi :
    • 9.2 Desain poster produk bagian 1
    • 9.3 Desain poster produk bagian 2
    • 9.4 Desain poster produk bagian 3
    • 9.5 Desain poster produk bagian 4
    • 9.6 Desain poster produk bagian 5
    • 9.7 Desain poster produk bagian 6
    • 9.8 Desain poster produk bagian 7
    • 9.9 Desain poster produk bagian 8
    • 9.10 Desain poster produk bagian 9
    • 9.11 Desain poster produk bagian 10
    • 9.12 Desain poster produk bagian 11
    • 9.13 Desain poster produk bagian 12
    • 9.14 Desain poster produk bagian 13
    • 9.15 Desain iklan produk jaket bagian 1
    • 9.16 Desain iklan produk jaket bagian 2
    • 9.17 Desain iklan produk jaket bagian 3
    • 9.18 Desain iklan produk jaket bagian 4
    • 9.19 Desain iklan produk jaket bagian 5
    • 9.20 Desain iklan produk jaket bagian 6
    • 9.21 Desain iklan produk jaket bagian 7
    • 9.22 Desain iklan produk jaket bagian 8
    • 9.23 Desain iklan produk jaket bagian 9
    • 9.24 Desain iklan produk jaket bagian 10
    • 9.25 Desain iklan produk jaket bagian 11
    • 9.26 Desain iklan produk jaket bagian 12
    • 9.27 Desain iklan produk jaket bagian 13.

Sikap (Attitude):

  1. Kompetensi 4 - Teliti dalam merinci dan mendokumentasikan desain, terdapat di materi :
    • 4.1 Teliti dalam merinci dan mendokumentasi desain
  2. Kompetensi 6 - Teliti dalam merumuskan konsep desain, terdapat di materi :
    • 6.1 Teliti dalam merumuskan konsep desain
  3. Kompetensi 8 - Cermat dalam mempersiapkan sketsa, ilustrasi & layout, terdapat di materi :
    • 8.1 Cermat dalam mempersiapkan sketsa, ilustrasi dan layout
  4. Kompetensi 9 - Cermat dalam memilih & menentukan bahan fungsional, terdapat di materi :
    • 9.1 Cermat dalam memilih, menentukan, merekomendasikan bahan.

 

Materi Pelatihan:

  1. Kompetensi 1 - Menganalisis kebutuhan komunikasi fungsional
    • 1.1 Komunikasi fungsional (00:09:58)
    • Durasi Ebook/Modul (00:10:23)
    • Total durasi per kompetensi (00:20:21)
  2. Kompetensi 2 - Menciptakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi
    • 2.1 Menciptakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi (00:08:05)
    • Durasi Ebook/Modul (00:08:00)
    • Total durasi per kompetensi (00:16:05)
  3. Kompetensi 3 - Merancang grafis kompleks untuk desain
    • 3.1 Merancang grafis kompleks (00:08:10)
    • Durasi Ebook/Modul (00:10:00)
    • Total durasi per kompetensi (00:18:10)
  4. Kompetensi 4 - Merinci dan mendokumentasikan desain
    • 4.1 Teliti dalam merinci dan mendokumentasi desain (00:08:09)
    • Durasi Ebook/Modul (00:03:52)
    • Total durasi per kompetensi (00:12:01)
  5. Kompetensi 5 - Menentukan tujuan dan kendala dari desain
    • 5.1 Menentukan tujuan dan kendala desain (00:08:29)
    • Durasi Ebook/Modul (00:05:01)
    • Total durasi per kompetensi (00:13:30)
  6. Kompetensi 6 - Merumuskan konsep desain
    • 6.1 Teliti dalam merumuskan konsep desain (00:10:00)
    • Durasi Ebook/Modul (00:02:57)
    • Total durasi per kompetensi (00:12:57)
  7. Kompetensi 7 - Negosiasi solusi desain dengan manajemen
    • 7.1 Negosiasi solusi desain (00:09:57)
    • Durasi Ebook/Modul (00:03:23)
    • Total durasi per kompetensi (00:13:20)
  8. Kompetensi 8 - Mempersiapkan sketsa, ilustrasi & layout
    • 8.1 Cermat dalam mempersiapkan sketsa, ilustrasi dan layout (00:09:57)
    • Durasi Ebook/Modul (00:03:19)
    • Total durasi per kompetensi (00:13:16)
  9. Kompetensi 9 - Memilih & menentukan bahan fungsional
    • 9.1 Cermat dalam memilih, menentukan, merekomendasikan bahan (00:08:48)
    • 9.2 Desain poster produk bagian 1 (00:09:47)
    • 9.3 Desain poster produk bagian 2 (00:09:56)
    • 9.4 Desain poster produk bagian 3 (00:09:57)
    • 9.5 Desain poster produk bagian 4 (00:09:57)
    • 9.6 Desain poster produk bagian 5 (00:09:59)
    • 9.7 Desain poster produk bagian 6 (00:09:59)
    • 9.8 Desain poster produk bagian 7 (00:09:46)
    • 9.9 Desain poster produk bagian 8 (00:09:58)
    • 9.10 Desain poster produk bagian 9 (00:09:55)
    • 9.11 Desain poster produk bagian 10 (00:09:59)
    • 9.12 Desain poster produk bagian 11 (00:10:00)
    • 9.13 Desain poster produk bagian 12 (00:09:56)
    • 9.14 Desain poster produk bagian 13 (00:10:00)
    • 9.15 Desain iklan produk jaket bagian 1 (00:09:51)
    • 9.16 Desain iklan produk jaket bagian 2 (00:09:42)
    • 9.17 Desain iklan produk jaket bagian 3 (00:09:34)
    • 9.18 Desain iklan produk jaket bagian 4 (00:09:55)
    • 9.19 Desain iklan produk jaket bagian 5 (00:09:55)
    • 9.20 Desain iklan produk jaket bagian 6 (00:10:00)
    • 9.21 Desain iklan produk jaket bagian 7 (00:10:00)
    • 9.22 Desain iklan produk jaket bagian 8 (00:06:36)
    • 9.23 Desain iklan produk jaket bagian 9 (00:06:02)
    • 9.24 Desain iklan produk jaket bagian 10 (00:09:11)
    • 9.25 Desain iklan produk jaket bagian 11 (00:09:59)
    • 9.26 Desain iklan produk jaket bagian 12 (00:06:45)
    • 9.27 Desain iklan produk jaket bagian 13 (00:08:35)
    • Durasi Ebook/Modul (00:13:00)
    • Total durasi per kompetensi (04:27:02)
  10. Kompetensi 10 - Melaksanakan produksi dari media yang dipilih
    • 10.1 Mengawasi atau melaksanakan produksi (00:09:00)
    • Durasi Ebook/Modul (00:09:12)
    • Total durasi per kompetensi (00:18:12)

 

Target Peserta:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK;
  • Memiliki koneksi internet yang stabil;
  • Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi Adobe Photoshop yang terinstal;
  • Program pelatihan ini diperuntukkan oleh peserta, baik yang belum memiliki pengetahuan tentang desain grafis maupun yang sudah memiliki kemampuan di bidang desain grafis.

 

Durasi:

Topik Durasi
Kompetensi 1 - Menganalisis kebutuhan komunikasi fungsional 20 menit
Kompetensi 2 - Menciptakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi 16 menit
Kompetensi 3 - Merancang grafis kompleks untuk desain 18 menit
Kompetensi 4 - Merinci dan mendokumentasikan desain 12 menit
Kompetensi 5 - Menentukan tujuan dan kendala dari desain 13 menit
Kompetensi 6 - Merumuskan konsep desain 13 menit
Kompetensi 7 - Negosiasi solusi desain dengan manajemen 13 menit
Kompetensi 8 - Mempersiapkan sketsa, ilustrasi & layout 13 menit
Kompetensi 9 - Memilih & menentukan bahan fungsional 287 menbit
Kompetensi 10 - Melaksanakan produksi dari media yang dipilih 18 menit
Total Durasi 392 menit


Level:

Basic

 

Metode Pembelajaran:

Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.

 

Metode Evaluasi:

  1. Pretest
  2. Formative Test/Kuis
  3. Post test
  4. Tugas Praktik

 

Sesi Konsultasi:

Hari : Senin, Jam : 11.00-12.00 WIB, Via Zoom.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

 

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.

 

Fasilitas:

 

Test akhir/Ujian akhir; Sertifikat penyelesaian; Forum diskusi; Webinar/live session.

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet.

 

Fitur:

  • Digital content material: Peserta bisa mengakses material belajar digital
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion).
  • Test akhir: tersedia
  • Forum diskusi: tidak tersedia
  • Online session: tersedia
  • Offline meet-up: tidak tersedia

 

Cara Redeem Voucher:

Jika anda belum memiliki Akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka wajib mendaftar atau membuat akun dengan cara:

  1. Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
  2. Klik tombol “Redeem Voucher”.
  3. Lengkapi data diri Anda, masukkan :
    • Kode Kupon -> Isi dengan kode kupon atau voucher
    • Nomor Pra Kerja -> Isi dengan 16 digit angka dan pastikan nomor prakerja Anda belum terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU
    • Nama Lengkap -> Sesuaikan dengan nama lengkap Anda pada akun Prakerja
    • Nomor Whatsapp -> Isi dengan nomor Whatsapp Anda
    • Email -> Pastikan alamat email Anda belum pernah terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU, jika sudah pernah terdaftar mohon untuk mengisi dengan alamat email yang lain
    • Password -> Buatlah kata sandi yang mudah diingat
    • Konfirmasi Password -> Isi dengan kata sandi yang sama.
  4. Klik tombol “Daftar
  5. Jika berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis peserta akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil redeem dan membuat akun di LMS YP Fitri Al-Baasitu.
  6. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung masuk ke dashboard pelatihannya, lalu klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.

 

Jika Anda sudah pernah melakukan registrasi (pendaftaran) atau sudah memiliki akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka bisa langsung masuk ke akun yang sudah didaftarkan dengan cara:

  1. Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
  2. Klik tombol “Login
  3. Masukkan “Email” dan “Password”.
  4. Setelah berhasil melakukan login, pilih tombol “Redeem Kupon”.
  5. Masukkan kode kupon / voucher terbaru Anda.
  6. Setelah berhasil melakukan redeem kupon, klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.

Penyelenggara Kursus

Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu

Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu merupakan Lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan yang telah menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi serta didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor Keputusan AHU-0001740.AH.01.05 Tahun 2021.

 

Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu merupakan Lembaga pelatihan yang berfokus pada layanan pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi digital guna terciptanya suasana pembelajaran yang efektif, efisien dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Dengan totalitas dan profesionalisme kerja, kami yakin mampu memberikan pelayanan yang optimal dan pengajar yang berkualitas sehingga mampu membantu masyarakat dalam mengakses pendidikan yang lebih baik. Program pelatihan yang kami tawarkan meliputi desain grafis, pemasaran digital, aplikasi perkantoran atau Microsoft Office dan AutoCAD. Program tersebut merupakan program yang banyak diminati oleh masyarakat umum dalam rangka upaya peningkatan kompetensi. Dengan kompetensi yang meningkat, diharapkan peserta didik memiliki daya Tarik lebih tinggi dalam dunia kerja ataupun dalam kegiatan berwirausaha.

 

Alamat website : https://fitrialbaasitu.com/


Para Instruktur

Mendesain Poster dan Iklan Produk bagi Perancang Grafis dan Multimedia

oleh Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu
KATEGORI Populer
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Blended Learning (Tatap Muka & E-learning)
DURASI 7 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

HARGA

Rp350.000

Mendesain Poster dan Iklan Produk bagi Perancang Grafis dan Multimedia

Rp350.000
KATEGORI Populer
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Blended Learning (Tatap Muka & E-learning)
DURASI 7 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

Ulasan

0/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1
Belum ada ulasan untuk kursus ini

Jadilah yang pertama membeli kursus ini dan memberikan ulasan