PERHATIAN!
- Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
- Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
- Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
- Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.
Deskripsi:
Kompetensi yang akan dipelajari dalam program pelatihan ini meliputi :
menentukan tujuan dan kendala dari desain grafis yang akan dibuat berdasarkan hasil konsultasi dengan pelanggan dan stakeholder; melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan atau permintaan; memilih unsur dan elemen yang akan dituangkan dalam rancangan grafis; merancang pola grafis untuk keperluan karya untuk penerbitan, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan iklan produk dengan menarik.
Tujuan Umum:
- Peserta mampu menentukan tujuan dan kendala dari desain grafis yang akan dibuat sesuai dengan hasil konsultasi dengan pelanggan dan stakeholder minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi
- Peserta mampu melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan atau permintaan sesuai dengan tujuan desain minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi
- Peserta mampu memilih unsur dan elemen yang akan dituangkan dalam rancangan grafis sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi
- Peserta mampu merancang pola grafis untuk keperluan karya untuk penerbitan, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan iklan produk dengan menarik sesuai dengan kebutuhan pelanggan minimal 1 produk
Tujuan Khusus:
- Peserta mampu mempersiapkan informasi
- Peserta mampu menganalisis informasi
- Peserta mampu merumuskan informasi kunci
- Peserta dapat memahami pengembangan informasi kunci
- Peserta dapat memahami pengolahan gagasan konsep desain
- Peserta memahami komunikasi konsep desain dalam tim internal
- Peserta mampu menetapkan konsep desain dalam tim internal
- Peserta mampu menerapkan materi informasi yang berkaitan dengan pengetahuan dasar desain
- Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar seni rupa
- Peserta mampu menjelaskan pengertian dasar desain sebagai bagian dari lingkup seni rupa
- Peserta mampu memilih jenis perangkat lunak
- Peserta mampu menetapkan perangkat lunak
- Peserta memahami identifikasi design brief atau project brief
- Peserta mampu membuat sketsa karya desain
- Peserta mampu mengembangkan wujud karya desain
- Peserta teliti dalam mendiskusikan wujud karya desain
- Peserta mampu menciptakan purwarupa/dummy karya desain
Aspek Kompetensi:
Pengetahuan (Knowledge):
- Menentukan tujuan dan kendala desain grafis
- Melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan
- Memilih unsur dan elemen rancangan grafis
- Merancang pola grafis untuk karya desain
Keterampilan (Skill):
- Merancang pola grafis untuk karya desain
Sikap (Attitude):
- Merancang pola grafis untuk karya desain
Materi Pelatihan:
- Menentukan tujuan dan kendala desain grafis
- Melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan
- Memilih unsur dan elemen rancangan grafis
- Merancang pola grafis untuk karya desain
Target Peserta:
- SMA atau sederajat
- Memiliki koneksi internet yang stabil
- Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi CorelDRAW yang terinstal
- Program pelatihan ini diperuntukkan oleh peserta baik yang belum memiliki pengetahuan tentang desain grafis maupun yang sudah memiliki kemampuan di bidang desain grafis
Fasilitas:
Test akhir/Ujian akhir; Sertifikat penyelesaian; Forum diskusi; Webinar/live session.
Durasi:
Topik |
Durasi |
Mengorganisasi informasi terkait proyek desain |
8 menit |
ebook/modul |
10 menit |
Menetapkan konsep desain |
10 menit |
ebook/modul |
10 menit |
Mengaplikasikan prinsip dasar desain |
10 menit |
Total durasi ebook/modul |
10 menit |
Memilih jenis perangkat lunak |
10 menit |
Menetapkan perangkat lunak |
10 menit |
Mengidentifikasi desain brief |
10 menit |
Membuat sketsa karya desain |
8 menit |
Mengembangkan wujud karya desain |
7 menit |
Mendiskusikan wujud karya desain |
8 menit |
Menciptakan purwarupa dummy karya desain |
8 menit |
Membuat lembar kerja baru |
10 menit |
Membahas tampilan dan fungsi cdr |
10 menit |
Membahas menu Edit cdr |
9 menit |
Membahas menu View, Layout, Objek (Powerclip, Order, Group) cdr |
10 menit |
Membahas menu Object (Shaping) cdr |
10 menit |
Membahas menu Effect, Bitmap, Text table cdr |
9 menit |
Membahas tool Pick - Text tool cdr |
10 menit |
Membahas tool warna cdr |
10 menit |
Pengenalan logo |
8 menit |
Membuat logo Part 1 |
10 menit |
Membuat logo Part 2 |
9 menit |
Membuat logo Part 3 |
8 menit |
Membuat logo Part 4 |
10 menit |
Membuat pola karakter Part 1 |
9 menit |
Membuat pola karakter Part 2 |
10 menit |
Membuat pola karakter Part 3 |
9 menit |
Membuat pola karakter Part 4 |
9 menit |
Membuat pola karakter Part 5 |
9 menit |
Membuat pola karakter Part 6 |
10 menit |
Membuat pola karakter Part 7 |
9 menit |
Pengenalan vector art |
9 menit |
Membuat vector art (Wajah) |
10 menit |
Membuat vector art (Mata) Part 1 |
10 menit |
Membuat vector art (Mata) Part 2 |
9 menit |
Membuat vector art (Bibir) |
10 menit |
Membuat vector art (Leher dan rambut) |
9 menit |
Membuat vector art (Memberikan warna) |
10 menit |
Membuat vector art (Tangan) |
10 menit |
Membuat vector art (Badan) |
10 menit |
Membuat vector art (Merapikan objek) |
10 menit |
Membuat vector art (Penyelesaian tahap akhir) |
9 menit |
Total durasi ebook/modul |
30 menit |
Total |
432 menit |
Level:
Basic
Metode Pembelajaran:
Self Paced Learning
Sesi Konsultasi:
Setiap Hari Selasa, Pukul 13.30 WIB Via Zoom
Cara Redeem Voucher:
Jika anda belum memiliki Akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka wajib mendaftar atau membuat akun dengan cara:
- Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
- Klik tombol “Redeem Voucher”.
- Lengkapi data diri Anda, masukkan :
- Kode Kupon -> Isi dengan kode kupon atau voucher
- Nomor Pra Kerja -> Isi dengan 16 digit angka dan pastikan nomor prakerja Anda belum terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU
- Nama Lengkap -> Sesuaikan dengan nama lengkap Anda pada akun Prakerja
- Nomor Whatsapp -> Isi dengan nomor Whatsapp Anda
- Email -> Pastikan alamat email Anda belum pernah terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU, jika sudah pernah terdaftar mohon untuk mengisi dengan alamat email yang lain
- Password -> Buatlah kata sandi yang mudah diingat
- Konfirmasi Password -> Isi dengan kata sandi yang sama.
- Klik tombol “Daftar”
- Jika berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis peserta akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil redeem dan membuat akun di LMS YP Fitri Al-Baasitu.
- Setelah berhasil melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung masuk ke dashboard pelatihannya, lalu klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.
Jika Anda sudah pernah melakukan registrasi (pendaftaran) atau sudah memiliki akun di LMS YP FITRI AL-BAASITU, maka bisa langsung masuk ke akun yang sudah didaftarkan dengan cara:
- Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
- Klik tombol “Login”
- Masukkan “Email” dan “Password”.
- Setelah berhasil melakukan login, pilih tombol “Redeem Kupon”.
- Masukkan kode kupon / voucher terbaru Anda.
- Setelah berhasil melakukan redeem kupon, klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.
Penyelenggara Kursus
Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu
Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu merupakan Lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan yang telah menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi serta didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor Keputusan AHU-0001740.AH.01.05 Tahun 2021.
Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu merupakan Lembaga pelatihan yang berfokus pada layanan pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi digital guna terciptanya suasana pembelajaran yang efektif, efisien dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Dengan totalitas dan profesionalisme kerja, kami yakin mampu memberikan pelayanan yang optimal dan pengajar yang berkualitas sehingga mampu membantu masyarakat dalam mengakses pendidikan yang lebih baik. Program pelatihan yang kami tawarkan meliputi desain grafis, pemasaran digital, aplikasi perkantoran atau Microsoft Office dan AutoCAD. Program tersebut merupakan program yang banyak diminati oleh masyarakat umum dalam rangka upaya peningkatan kompetensi. Dengan kompetensi yang meningkat, diharapkan peserta didik memiliki daya Tarik lebih tinggi dalam dunia kerja ataupun dalam kegiatan berwirausaha.
Alamat website : https://fitrialbaasitu.com/