PERHATIAN!
- Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
- Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
- Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
Deskripsi:
Dunia kreatif sekarang berkembang dengan cepat dan inovatif, terutama pada bidang game. Sehingga kebutuhan pengembang game dalam hal ini programmer multimedia sangat besar. Gamelab Indonesia menjawab kebutuhan tersebut dengan kelas pelatihan "Membuat Game Dengan Scratch Untuk Menjadi Programmer Multimedia". Dikelas ini, kamu akan berlatih logika coding. Dimulai dari pengetahuan dasar pembuatan media interaktif, penerapan teknik pembuatan media interaktif, membuat sebuah media interaktif dengan tema tertentu menggunakan Scratch.
Tujuan Umum:
Peserta pelatihan mampu membuat sebuah media interaktif berbasis game dan mengembangkannya sesuai dengan permintaan menggunakan software Scratch
Tujuan Khusus:
- Peserta dapat memahami dasar-dasar pembuatan game dan animasi sederhana menggunakan software Scratch
- Peserta dapat mengetahui teknik pembuatan game
- Peserta dapat menerapkan logika pembuatan game
- Peserta dapat membuat sebuah game lengkap dengan logika dan interaksi pengguna
- Peserta memiliki kerapian penataan tata letak objek dan layout (terdapat pada materi membuat game balapan)
- Peserta memiliki ketelitian dalam membuat serangkaian event dan aksi logika game (terdapat pada materi membuat game peliharaan digital)
- Peserta memiliki ketepatan dalam pemilihan event supaya game menjadi teroptimasi (terdapat pada materi membuat game pingpong)
Aspek Kompetensi:
Knowledge (Pengetahuan):
- Mengenal event memainkan suara dan animasi pada sprite (terdapat dalam materi membuat kartu ucapan
- Mengenal modifikasi pada sprite dan animasi dengan teks (terdapat dalam materi membuat teks beranimasi)
- Mengenal event untuk membuat logika game (terdapat pada materi membuat efek terbang)
- Mengenal berbagai modifikasi pada suara (tedapat pada meteri membuat game musik)
- Memahami animasi sesuai dengan suara yang dimainkan (terdapat pada materi membuat animasi menari)
- Memahami logika random dan score (terdapat pada materi game petak umpet)
- Mengenal pembuatan animasi berbasis cerita (terdapat pada membuat cerita interaktif)
- Mengenal penambahan perilaku pada sprite (terdapat pada game membuat game peliharaan digital)
Keterampilan (Skill):
- Dapat menambahkan memodifikasi dan menambahkan suara pada sebuah sprite (terdapat pada materi membuat karu ucapan)
- Dapat menggunakan berbagai macam object untuk membuat game (terdapat dalam materi membuat efek terbang)
- Dapat membuat serangkaian instrumen suara untuk membuat sebuah musik (terdapat pada game musik)
- Dapat membuat serangkaian event dan aksi untuk membuat logika game (terdapat pada materi membuat game balapan)
- Dapat membuat animation yang bergerak sesuai dengan suaranya (terdapat pada game membuat animasi menari)
- Dapat membuat lebih dari satu layout dan berpindah antara satu layout ke layout lain (terdapat pada materi membuat cerita interaktif)
- Dapat membuat berbagai macam variable sesuai dengan kebutuhan (terdapat pada materi game peliharaan digital)
Attitude (Sikap):
- Kerapian penataan tata letak objek dan layout (terdapat dalam materi membuat game balapan).
- Ketelitian dalam membuat serangkaian event dan aksi logika game (terdapat pada materi membuat game peliharaan digital)
- Ketepatan dalam pemilihan event supaya game menjadi teroptimasi (terdapat pada game pingpong)
Materi Pelatihan:
- Modul 1 - Membuat Kartu Ucapan
- Modul 2 - Membuat Teks Beranimasi
- Modul 3 - Membuat Efek Terbang
- Modul 4 - Membuat Game Musik
- Modul 5 - Membuat Game Balapan
- Modul 6 - Membuat Game Dress Up
- Modul 7 - Membuat Animasi Menari
- Modul 8 - Membuat Game Petak Umpet
- Modul 9 - Membuat Cerita Interaktif
- Modul 10 - Membuat Game Pingpong Bagian
- Modul 11 - Membuat Game Tangkap Benda Bagian
- Modul 12 - Membuat Game Peliharaan Digital
Target Peserta:
- Pendidikan minimal SMK sederajat
- Memiliki laptop atau pc
- Koneksi internet untuk mengakses materi
- Memasang perangkat lunak Scratch v461
- Pernah atau suka bermain game (opsional)
Durasi:
Modul 1 - Membuat Kartu Ucapan |
32 Menit |
Modul 2 - Membuat Teks Beranimasi |
24 Menit |
Modul 3 - Membuat Efek Terbang |
48 Menit |
Modul 4 - Membuat Game Musik |
55 Menit |
Modul 5 - Membuat Game Balapan |
30 Menit |
Modul 6 - Membuat Game Dress Up |
45 Menit |
Modul 7 - Membuat Animasi Menari |
22 Menit |
Modul 8 - Membuat Game Petak Umpet |
28 Menit |
Modul 9 - Membuat Cerita Interaktif |
29 Menit |
Modul 10 - Membuat Game Pingpong Bagian |
31M enit |
Modul 11 - Membuat Game Tangkap Benda Bagian |
29 Menit |
Modul 12 - Membuat Game Peliharaan Digital |
90 Menit |
Total |
448 |
Metode Ajar:
Self Paced Learning
Jadwal Sesi Konsultasi:
Melalui Zoom Setiap Hari Senin, 18.30-19.30 WIB
Level:
Basic
Langkah Redeem Voucher:
- Buka www.gamelab.id/prakerja
- Masukkan kode voucher, tekan "Mulai Belajar"
- Input Nama, Email, Nomor HP, tekan "Kirim Data"
- Yes! Pelatihan siap dimulai
Jika kesulitan mengakses, bisa whatsapp ke 081323844339 (Erlika)
Penyelenggara Kursus
Gamelab Indonesia
GameLab.ID adalah sebuah platform pengembangan skill dan karir berbasis teknologi digital dengan materi-materi yang telah disediakan oleh professional di bidangnya. Hingga saat ini kami memiliki ribuan peserta dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Kami juga memiliki berbagai program yang mendukung tujuan tersebut yaitu program magang, program pelatihan dan program karir. Kami juga aktif bekerja sama dengan berbagai industri dan berbagai institusi pendidikan untuk mendekatkan dan menjembatani dunia pendidikan dan dunia industri.