Membuat Kode Program Menggunakan Java Untuk Menjadi Pemrogram Aplikasi

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Perkembangan teknologi yang cepat menuntut setiap bisnis memiliki perangkat lunak untuk mengefisiensikan pekerjaan. Maka, kebutuhan pengembang perangkat lunak dalam hal ini programmer sangat besar. Gamelab Indonesia menjawab kebutuhan tersebut dengan kelas pelatihan "Membuat Kode Program Menggunakan Java Untuk Menjadi Pemrogram Aplikasi". Dikelas ini, kamu akan berlatih membuat aplikasi buatanmu sendiri. Dimulai dari pengetahuan dasar pemrograman java, cara mengaplikasikan struktur kontrol, seleksi, array, string, fungsi pada program dan cara mengatasi apabila terjadi error pada program. 

 

Tujuan Umum:

Peserta dapat membuat program aplikasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan benar

 

Tujuan Khusus:

  1. Peserta dapat memahami apa itu pemrograman
  2. Peserta dapat memahami dasar dasar pemrograman Java
  3. Peserta dapat mengaplikasikan struktur kontrol dan seleksi pada program
  4. Peserta dapat mengaplikasikan Array, String dan Fungsi pada program
  5. Peserta memiliki ketelitian dalam menuliskan kode program agar tidak terjadi erorr
  6. Peserta memiliki kesabaran dan ketekunan dalam menyelesaikan debugging
  7. Peserta memiliki tanggung jawab terhadap hasil pekerjaan

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  1. Memahami pemrograman dan konsepnya (terdapat dalam materi tipe data dan variabel)
  2. Memahami pentingnya belajar bahasa pemrograman (terdapat dalam materi pembukaan )
  3. Memahami konsep input dan output program (terdapat dalam materi input dan output)
  4. Memahami pemrograman dasar terstruktur berbasis Java (terdapat dalam materi array)
  5. Memahami dasar-dasar pemrograman (terdapat dalam materi fungsi)
  6. Memahami jenis-jenis error program (terdapat dalam materi jenis error dan error handling)
  7. Memahami proses debugging (terdapat dalam materi debugging)

Keterampilan (Skill)

  1. Dapat mengimplementasikan tipe data, variabel, operator dan input ouput ke dalam kode program yang dapat dijalankan (terdapat dalam materi Fundamental)
  2. Dapat mengimplementasikan proses kontrol (IF dan SWITCH) dan perulangan (FOR dan WHILE) ke dalam kode program yang dapat dijalankan (terdapat dalam materi Kontrol dan Seleksi)
  3. Dapat mengimplementasikan struktur data (Array, String) dan Fungsi (termasuk rekursi) ke dalam kode program yang dapat dijalankan (terdapat dalam materi Array, String, dan Fungsi)
  4. Dapat mendeteksi error yang muncul dan melakukan debugging untuk memperbaiki error program yang dibuat (terdapat dalam materi Error dan Debugging)

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

  1. Memiliki ketelitian dalam menuliskan kode program (terdapat dalam materi jenis error)
  2. Memiliki kesabaran dan ketekunan dalam menyelesaikan program (terdapat dalam materi Debugging)
  3. Memiliki tanggung jawab terhadap hasil pekerjaan (terdapat dalam materi error handling)

 

Materi Pelatihan:

  1. Modul 1 - Pembukaan (12 menit)
    • Apa itu pemrograman = (Ceramah Interaktif : 4 menit)
    • Mengapa belajar pemrograman penting? = (Ceramah Interaktif : 5 menit)
    • Persiapan Perangkat Lunak dan Hello World (peragaan : 3 menit)
  2.  
  3. Modul 2 - Fundamental (135 menit)
    • Sub Modul 2.1 - Tipe Data = (Peragaan : 07.31 menit)
    • Sub Modul 2.2 - Variabel (30 menit)
      • Variabel Bagian 1 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
      • Variabel Bagian 2 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
      • Variabel Bagian 3 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
    • Sub Modul 2.3 - Operator (32.37 menit)
      • Operator Bagian 1 = (Peragaan : 09.52 menit)
      • Operator Bagian 2 = (Peragaan : 09.51 menit)
      • Operator Bagian 3 = (Peragaan : 06.20 menit)
      • Operator Bagian 4 = (Peragaan : 06.34 menit)
    • Sub Modul 2.4 - Input dan Output (07.40 menit)
      • Input dan Output = (Peragaan : 07.40 menit)
    • Sub Modul 2.5 - Enumeration (05.32 menit)
      • Enumeration = (Peragaan : 05.32 menit)
    • Sub Modul 2.6 - Class (45 menit)
      • Class Bagian 1 = (Bahan Bacaan : 5 menit)
      • Class Bagian 2 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
      • Class Bagian 3 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
      • Class Bagian 4 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
      • Class Bagian 5 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
    • Sub Modul 2.7 - Komentar (06.07 menit)
      • Komentar = (Peragaan : 06.07 menit)
  4. Modul 3 - Kontrol dan Seleksi (119 menit)
    • Sub Modul 3.1 - Sequencial - IF (12.19 menit)
      • Sequencial - IF Bagian 1 = (Peragaan : 06.20 menit)
      • Sequencial - IF Bagian 2 = (Peragaan : 05.59 menit)
    • Sub Modul 3.2 - Decision - Switch (08.01 menit)
      • Decision - Switch = (Peragaan : 08.01 menit)
    • Sub Modul 3.3 - Perulangan - For (41 menit)
      • Perulangan - For Bagian 1 = (Bahan Bacaan : 4 menit)
      • Perulangan - For Bagian 2 = (Bahan Bacaan : 9 menit)
      • Perulangan - For Bagian 3 = (Bahan Bacaan : 9 menit)
      • Perulangan - For Bagian 4 = (Bahan Bacaan : 9 menit)
      • Perulangan - For Bagian 5 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
    • Sub Modul 3.4 - Perulangan - While (08.28 menit)
      • Perulangan - While = (Peragaan : 08.28 menit)
    • Sub Modul 3.5 - Perulangan - Do While (35 menit)
      • Perulangan - Do While Bagian 1 = (Bahan Bacaan : 7 menit)
      • Perulangan - Do While Bagian 2 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
      • Perulangan - Do While Bagian 3 = (Bahan Bacaan : 8 menit)
      • Perulangan - Do While Bagian 4 = (Bahan Bacaan : 10 menit)
    • Sub Modul 3.6 - Perulangan Bertingkat (05.49 menit)
      • Perulangan Bertingkat = (Peragaan : 05.49 menit)
    • Sub Modul 3.7 - Break dan Continue (07.37 menit)
      • Break dan Continue = (Peragaan : 07.37 menit)
  5. Modul 4 - Array, String dan Fungsi (75 menit)
    • Sub Modul 4.1 - Array (37.01 menit)
      • Array Bagian 1 = (Peragaan : 09.54 menit)
      • Array Bagian 2 = (Peragaan : 09.54 menit)
      • Array Bagian 3 = (Peragaan : 08.48 menit)
      • Array Bagian 4 = (Peragaan : 07.31 menit)
    • Sub Modul 4.2 - String (07.56 menit)
      • String = (Peragaan : 07.56 menit)
    • Sub Modul 4.3 - Fungsi (24.06 menit)
      • Fungsi Bagian 1 = (Peragaan : 09.51 menit)
      • Fungsi Bagian 2 = (Peragaan : 07.00 menit)
      • Fungsi Bagian 3 = (Peragaan : 05.15 menit)
    • Modul 4.5 - Rekursi (06.20 menit)
      • Rekursi = (Peragaan : 06.20 menit)
  6. Modul 5 - Error dan Debugging (19 menit)
    • Sub Modul 5.1 - Jenis error dan error handling (13.39 menit)
      • Jenis error dan error handling Bagian 1 = (Peragaan : 07.20 menit)
      • Jenis error dan error handling Bagian 1 = (Peragaan : 06.19 menit)
    • Sub Modul 5.2 - Debugging (05.43 menit)
      • Debugging = (Peragaan : 05.43 menit)

 

Target Peserta:

  1. SMA atau sederajat
  2. Tertarik di dunia pemrograman dan teknologi
  3. kamu yang ingin membuat web atau aplikasi

Kebutuhan Sarana / Prasarana

  1. koneksi internet untuk mengakses materi
  2. memiliki smartphone atau laptop atau PC
  3. jika menggunakan laptop (PC) maka perlu memasang perangkat lunak NetBeans IDE 8.2
  4. ika menggunakan smartphone, bisa mencoba mengakses situs www.online-java.com

 

Durasi:

Modul 1 - Pembukaan 12 menit
Modul 2 - Fundamental 135 menit
Modul 3 - Kontrol dan Seleksi 119 menit
Modul 4 - Array, String dan Fungsi 75 menit
Modul 5 - Error dan Debugging 19 menit
Total Durasi 360 Menit


Level:

Basic

 

Metode Pembelajaran:

Self-paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah pembelajaran mandiri yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online.

 

Metode Evaluasi:

  • Pre test
  • Kuis
  • Post test
  • Uji Praktik

 

Jenis Sertifikat:

 

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60. 

 

Sesi Konsultasi:

Via Google Meet, Rabu (16.00 - 17.00).

 

Cara Redeem Voucher:

  1. Buka www.gamelab.id/prakerja
  2. Masukkan kode voucher, tekan "Mulai Belajar"
  3. Input Nama, Email, Nomor HP, tekan "Kirim Data"
  4. Yes! Pelatihan siap dimulai

 Jika kesulitan mengakses, bisa whatsapp ke 081323844339 (Erlika).


Penyelenggara Kursus

GameLab

GameLab.ID adalah sebuah platform pengembangan skill dan karir berbasis teknologi digital dengan materi-materi yang telah disediakan oleh professional di bidangnya. Hingga saat ini kami memiliki ribuan peserta dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kami juga memiliki berbagai program yang mendukung tujuan tersebut yaitu program magang, program pelatihan dan program karir. Kami juga aktif bekerja sama dengan berbagai industri dan berbagai institusi pendidikan untuk mendekatkan dan menjembatani dunia pendidikan dan dunia industri.


Para Instruktur

Membuat Kode Program Menggunakan Java Untuk Menjadi Pemrogram Aplikasi

oleh GameLab
KATEGORI Programming, Terbaru, Populer, Bermanfaat
KLASIFIKASI Training
METODE Full Online Learning
DURASI 6 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

HARGA

Rp108.000

Membuat Kode Program Menggunakan Java Untuk Menjadi Pemrogram Aplikasi

Rp108.000

Ulasan

4.8/5

48 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1

GG

Prakerja

G****n

2 weeks ago

Delay sistemnya tapi gapapa:)). Mantab

SS

Prakerja

S****t

3 weeks ago

kursus yg lumayan bagus, materinya mudah dipahami dan mengerti

RA

Prakerja

RIA ANGGELINA

3 weeks ago

Untuk soalnya, tergolong cukup sulit, tetapi ada konsultasi nya, hanya saja ada beberapa kekurangan, yaitu sinyal yang cukup sulit masuk padahal sinyal dan paket saya masih ada, loading nya cukup lama, dan juga mengubah resolusi tidak bisa di utakatik, untuk platform ini cukup mudah dalam pembelian nya

SS

Prakerja

S****a

1 month ago

Sangat bermanfaat ilmunya

NY

Prakerja

NOVI IIS YULAEKAH

1 month ago

Bguss bermnafaat ilmunya