PERHATIAN!
- Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
- Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
- Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
- Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.
Deskripsi Pelatihan:
Melihat perkembangan Dunia kreatif Game yang cepat dan bervariasi. Maka, kebutuhan pengembang game dalam hal ini programmer game sangat besar. Gamelab Indonesia menjawab kebutuhan tersebut dengan kelas pelatihan "Membuat Game Dengan Construct Untuk Menjadi Programmer Game Komputer". Dikelas ini, kamu akan berlatih membuat game buatanmu sendiri. Dimulai dari pengetahuan dasar pembuatan game, cara menerapkan logika pembuatan game, membuat game lengkap dengan logika dan interaksi pengguna menggunakan construct.
Tujuan Umum:
Peserta pelatihan mampu untuk membuat game dengan menggunakan Construct serta mengembangkannya sesuai dengan permintaan pelanggan dengan benar
Tujuan Khusus:
- Peserta dapat memahami dasar-dasar pembuatan game menggunakan software Construct
- Peserta dapat mengetahui teknik pembuatan game
- Peserta dapat menerapkan logika pembuatan game
- Peserta dapat membuat sebuah game lengkap dengan logika dan interaksi pengguna
- Peserta memiliki kerapian penataan tata letak objek dan layout (terdapat dalam materi membuat game mengenal suara hewan).
- Peserta memiliki ketelitian dalam membuat serangkaian event dan aksi logika game (terdapat pada materi membuat game tebak angka)
- Peserta memiliki ketepatan dalam pemilihan event supaya game menjadi teroptimasi (terdapat pada game mencocokkan bentuk)
Aspek kompetensi:
Pengetahuan (Knowledge):
- Mengenal aplikasi construct untuk membuat game (terdapat dalam materi persiapan dan pendahuluan)
- Mengenal object sebagai komponen utama dalam membuat game (terdapat dalam materi membuat game mengenal suara hewan)
- Memahami event untuk membuat logika game (terdapat pada materi membuat game tebak angka)
- Mengenal layouts untuk berpindah ke layar lain (tedapat pada meteri membuat game mewarnai)
- Memahami behavior pada komponen object (terdapat pada materi membuat game pilah sampah)
- Memahami intance variable dan global variable (terdapat pada materi game mencari perbedaan)
- Mengenal function dan array (terdapat pada game mencocokan bentuk)
- Mengenal animation frame (terdapat pada game membuat game tangkap buah)
Ketrampilan (Skill):
- Dapat menggunakan berbagai macam object untuk membuat game (terdapat dalam materi membuat game mengenal suara hewan)
- Dapat membuat serangkaian event dan aksi untuk membuat logika game (terdapat pada materi membuat game tebak angka)
- Dapat membuat lebih dari satu layout dan berpindah antara satu layout ke layout lain (terdapat pada materi membuat game mewarnai)
- Dapat menambahkan berbagai macam behavior pada komponen object sesuai yang dibutuhkan (terdapat pada materi membuat game pilah sampah)
- Dapat membuat berbagai macam variable sesuai dengan kebutuhan (terdapat pada materi game mencari perbedaan)
- Dapat membuat function dan array untuk membuat event menjadi lebih efisien (terdapat pada game mencocokkan bentuk)
- Dapat menggunakan animation frame untuk memanipulasi object sprite (terdapat pada game membuat game tangkap buah)
Sikap (Attitude):
- Kerapian penataan tata letak objek dan layout (terdapat dalam materi membuat game mengenal suara hewan).
- Ketelitian dalam membuat serangkaian event dan aksi logika game (terdapat pada materi membuat game tebak angka)
- Ketepatan dalam pemilihan event supaya game menjadi teroptimasi (terdapat pada game mencocokkan bentuk)
Materi Pelatihan:
- Modul 1 - Persiapan dan Pendahuluan
- Modul 2 - Membuat Game Mengenal Suara Hewan
- Modul 3 - Membuat Game Tebak Angka
- Modul 4 - Membuat Game Mewarnai
- Modul 5 - Membuat Game Pilah Sampah
- Modul 6 - Membuat Game Mencari Perbedaan
- Modul 7 - Membuat Game Mencocokkan Bentuk
- Modul 8 - Membuat Game Tangkap Buah
Kelompok Peserta:
- SMA atau sederajat
- Tertarik di dunia pengembang game edukasi
- Kamu yang ingin berkarir sebagai game developer
- Kebutuhan Sarana / Prasarana
- Koneksi internet untuk mengakses materi
- Memiliki smartphone atau laptop atau PC
- Memasang perangkat lunak Construct
Durasi:
Modul 1 - Persiapan dan Pendahuluan |
32 Menit |
Modul 2 - Membuat Game Mengenal Suara Hewan |
42 Menit |
Modul 3 - Membuat Game Tebak Angka |
58 Menit |
Modul 4 - Membuat Game Mewarnai |
47 Menit |
Modul 5 - Membuat Game Pilah Sampah |
49 Menit |
Modul 6 - Membuat Game Mencari Perbedaan |
47 Menit |
Modul 7 - Membuat Game Mencocokkan Bentuk |
43 Menit |
Modul 8 - Membuat Game Tangkap Buah |
47 Menit |
|
|
Total Durasi |
388 Menit |
Level:
Basic
Metode Pembelajaran:
Self-paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah pembelajaran mandiri yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online.
Metode Evaluasi:
- Pre test
- Kuis
- Post test
- Uji Praktik
Jenis Sertifikat:
Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih :
Via Google Meet, Rabu (15.00 - 16.00).
Langkah Redeem Voucher:
- Buka www.gamelab.id/prakerja
- Masukkan kode voucher, tekan "Mulai Belajar"
- Input Nama, Email, Nomor HP, tekan "Kirim Data"
- Yes! Pelatihan siap dimulai
Jika kesulitan mengakses, bisa whatsapp ke 081323844339 (Erlika).