Belajar Mengembangkan Sebuah Software bagi Calon Pengembang Software

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah dilakunan pembayaran melalui prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Mengapa program ini penting untuk diikuti?

Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi yang begitu pesat, mempengaruhi kebutuhan akan software developer di Indonesia. Menurut survei Bank Dunia, Indonesia membutuhkan sekitar 600.000 orang digital setiap tahun untuk mendukung transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi. Banyak kelebihan ketika Anda memilih profesi sebagai Software Developer, contohnya seperti jam kerja yang lebih fleksibel, gaji yang cukup tinggi, kemampuan untuk bekerja secara mandiri, memiliki jaminan pekerjaan dan tentunya kreativitas akan semakin meningkat.

Seorang software developer memiliki tugas untuk menciptakan suatu aplikasi sesuai kebutuhan, menganalisis software requirements dan menentukan langkah-langkah spesifik untuk perancangan desain software tersebut. Untuk Menjadi seorang software developer, diperlukan juga pengetahuan coding, ketepatan dalam menilai kebutuhan sistem, memiliki ide pengembangan software, serta kemampuan untuk bekerja sama dengan user untuk menciptakan user experience, dan yang terakhir adalah kemampuan untuk menganalisa sistem. Untuk menjadi software developer yang baik dan handal, Anda perlu memahami berbagai bahasa pemrograman dan cara kerjanya.

Memilih pekerjaan sebagai seorang software developer biasanya Anda akan memiliki tekanan yang cukup tinggi dikarenakan tidak bisa mengatur dan memprioritaskan pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu akan tetapi dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dengan sistematis dan terstruktur. Pada program ini Anda juga akan diajarkan bagaimana cara merancang sebuah software, mengimplementasikan pemrograman dalam software development, melakukan testing dan debugging pada software serta melakukan maintenance dan juga pembaruan dalam software development.

Apa tujuan dari program ini?

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah dasar untuk menjadi seorang Software Developer. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karir sebagai Software Developer atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai seorang Software Developer. 

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?

Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang menjadi seorang software developer, peralatan penunjang perancangan software, dasar-dasar perancangan sebuah software, implementasi pemrograman pada software development, testing dan debugging pada software development, maintenance pada software development.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan Software Developer. Jenis pekerjaan yang relevan dengan pelatihan ini adalah Junior Software Developer dan Full-Stack Developer sedangkan jenjang karir dalam program ini adalah Senior Software Developer, Software Architect dan Project Manager.

 

Tujuan Umum:

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mempelajari cara mengembangkan sebuah software untuk calon pengembang software dengan standar nasional (SKKNI Software Development) dan prosedur yang berlaku.

 

Tujuan Khusus:

  1. Peserta mampu mengidentifikasi profesi software developer, peran dan tanggung jawab beserta dengan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan job descriptionnya dengan teliti
  2. Peserta mampu menguraikan kompetensi kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang software developer dengan teliti 
  3. Peserta mampu bersikap cermat dalam menentukan setiap kompetensi skill yang harus dikuasai oleh seorang software developer
  4. Peserta mampu menjelaskan prospek karir dan jenjang karir seorang software developer
  5. Peserta mampu menjelaskan strategi untuk mengembangkan karir di bidang software developer
  6. Peserta mampu bersikap teliti terhadap setiap strategi pengembangan dalam menjadi software developer
  7. Peserta mampu menjelaskan spesifikasi komputer/laptop yang akan digunakan untuk merancang dan mengembangkan sebuah software
  8. Peserta mampu menguraikan software tools yang akan digunakan untuk merancang sebuah software
  9. Peserta mampu melakukan pemasangan dan pengaturan pada sebuah software tools pemrograman
  10. Peserta mampu bersikap teliti dalam setiap langkah yang dilakukan untuk melakukan pemasangan dan pengaturan software tools pemrograman
  11. Peserta mampu menjelaskan persyaratan dalam menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan 
  12. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam merancang sebuah software dan flowchart diagram sebagai sarana utama dalam perancangannya
  13. Peserta mampu menguraikan jenis-jenis flowchart diagram dalam merancang sebuah software
  14. Peserta mampu bersikap visioner terhadap setiap rancangan flowchart dan user experience
  15. Peserta mampu menjelaskan analisa terhadap kebutuhan sistem pada perancangan sebuah software dan bagaimana merancang user experience
  16. Peserta mampu bersikap analitis terhadap setiap kemungkinan kebutuhan sistem yang dibutuhkan dalam sebuah perancangan software
  17. Peserta mampu mendemonstrasikan dasar-dasar pemrograman, fungsi dan juga cara kerja algoritma dalam implementasi software development
  18. Peserta mampu mengimplementasikan syntax beserta elemen fungsinya untuk software development
  19. Peserta mampu mengimplementasikan syntax dengan menggunakan bahasa pemrograman C# dengan teliti
  20. Peserta mampu menentukan variabel dan tipe data sesuai dengan jenis-jenisnya
  21. Peserta mampu mengimplementasikan variabel dan tipe data dengan menggunakan bahasa pemrograman C# dengan teliti
  22. Peserta mampu menjelaskan peran dan fungsi struktur pseudocode pada implementasi software development
  23. Peserta mampu mendemonstrasikan penulisan pseudocode sebuah fungsi program dengan menggunakan bahasa pemrograman C#
  24. Peserta mampu bersikap teliti dalam menulis setiap kode program yang diimplementasikan pada software development
  25. Peserta mampu menghubungkan apa itu testing, fungsi testing dan juga beberapa jenis testing yang terdapat pada software development
  26. Peserta mampu menghubungkan apa itu debugging, fungsi debugging dan juga tools yang dapat digunakan untuk proses debugging
  27. Peserta mampu mendemonstrasikan proses testing dan debugging pada software development dengan disiplin
  28. Peserta mampu bersikap analitis dan cekatan dalam menemukan setiap kendala yang terjadi dalam proses testing dan debugging dengan teliti
  29. Peserta mampu menghubungkan pengertian dan tujuan dari maintenance software dan juga prosedur yang harus dilakukan untuk melakukannya
  30. Peserta mampu mendemonstrasikan cara update sistem dan juga perbaikan kesalahan dalam suatu software development
  31. Peserta mampu mengonsepkan pikiran yang sistematis dalam setiap proses maintenance dan saat menemukan kendala dalam melakukannya

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  1. Materi: Menjadi Seorang Software Developer
    • dasar tentang software developer
    • Daftar kompetensi yang harus dikuasai oleh software developer
    • Jenjang karir profesi software developer
    • Dasar-dasar pengembangan karir software developer
  2. Materi: Peralatan Penunjang Perancangan Software
    • Pengetahuan dasar tentang komputer dan cara penggunaannya
    • Platform dan environment pemrograman aplikasi
    • Pengetahuan untuk menggunakan tools yang dapat dimanfaatkan untuk merancang software
    • Dasar-dasar bahasa pemrograman
  3. Materi: Dasar-Dasar Perancangan Sebuah Software
    • Konsep dasar flowchart
    • Jenis-jenis flowchart diagram
    • Dasar-dasar kebutuhan  sistem
    • Berbagai komponen dasar pembentuk user interface beserta penerapannya
  4. Materi: Implementasi Pemrograman pada Software Development
    • Konsep dasar pemrograman dan konsep algoritma
    • Algoritma pemrograman & Struktur data
    • Spesifikasi program dan Bahasa Pemrograman C#
    • Memahami pengembangan perangkat lunak
    • Membuat program dengan bahasa terstruktur 
  5. Materi: Testing dan Debugging pada Software Development
    • Konsep simulasi dalam melakukan testing dan debugging
    • Memahami spesifikasi program
    • Penguasaan bahasa pemrograman yang dipergunakan 
  6. Materi: Maintenance pada Software Development
    • Memahami perangkat lunak
    • Memahami pengembangan perangkat lunak 

Keterampilan (Skill):

  1. Materi: Menjadi Seorang Software Developer
    • Menunjukkan detail-detail profesi software developer
    • Menerapkan kompetensi skill yang harus dimiliki seorang software developer
    • Merumuskan prospek karir software developer
    • Menyusun strategi pengembangan karir software developer
  2. Materi: Peralatan Penunjang Perancangan Software
    • Menggunakan komputer
    • Mengatasi masalah kendala komputer
    • Menggunakan media atau cara interaksi dengan komputer antara lain: model interaksi berbasis teks (command line)
    • Menggunakan software tools pemrograman
    • Menentukan dan menggunakan bahasa pemrograman
  3. Materi: Dasar-Dasar Perancangan Sebuah Software
    • Mengoperasikan sistem komputer
    • Membuat flowchart diagram
    • Merumuskan kebutuhan sistem
    • Membuat user experience
  4. Materi: Implementasi Pemrograman pada Software Development
    • Mengoperasikan software tools pemrograman
    • Memecahkan masalah 
    • Menganalisis informasi 
    • Materi: Testing dan Debugging pada Software Development 
    • Menggunakan tools untuk pelaksanaan testing software
    • Menggunakan tools debugging
    • Melakukan Testing & Debugging 
  5. Materi: Maintenance pada Software Development
    • Melakukan pemeliharaan dan pembaruan sistem

 Sikap (Attitude):

  1. Materi: Menjadi Seorang Software Developer
    • Teliti dalam menjelaskan dan menguraikan setiap detail terkait profesi software developer sebelum menentukan untuk menjadikannya sebagai profesi
    • Cermat dalam menentukan setiap kompetensi skill yang harus dimiliki oleh seorang software developer
    • Teliti terhadap setiap strategi pengembangan dalam menjadi software developer
  2. Materi: Peralatan Penunjang Perancangan Software
    • Cekatan dalam mengatasi kendala yang ditemukan dalam pemanfaatan komputer dan juga software tools pemrograman
    • Disiplin terhadap setiap langkah dalam melakukan instalasi dan setting software tools pemrograman
    • Teliti terhadap setiap langkah yang dilakukan untuk menentukan software tools dan bahasa pemrograman yang akan digunakan
  3. Materi: Dasar-Dasar Perancangan Sebuah Software
    • Visioner dalam merancang flowchart dan user experience sebuah software
    • Berpikir menyeluruh terhadap setiap detail rancangan yang akan dibuat
    • Analitis terhadap setiap kemungkinan kebutuhan sistem software dan juga kendalanya
    • Teliti dalam membuat flowchart dan merancang user experience
  4. Materi: Implementasi Pemrograman pada Software Development
    • Kemampuan untuk memecahkan masalah dalam implementasi kode program
    • Kemampuan menganalisis informasi yang didapatkan dari perancangan sebelumnya
    • Teliti dalam menulis setiap kode program yang diimplementasikan pada software development
  5. Materi: Testing dan Debugging pada Software Development
    • Disiplin dalam melakukan setiap langkah yang dilakukan untuk testing dan debugging
    • Analitis dalam setiap hasil yang ditemukan dalam proses testing dan debugging 
    • Teliti terhadap setiap proses testing dan debugging yang dilakukan
    • Cekatan dalam menemukan setiap kendala yang terjadi dalam proses testing dan debugging
  6. Materi: Maintenance pada Software Development
    • Berpikir sistematis terhadap setiap proses maintenance yang dilakukan

 

Materi Pelatihan:

  1. TOPIK 1: Menjadi Seorang Software Developer        44 Minutes 47 Seconds
    • Pengertian Software Developer dan Urgensinya (Video)        4:17
    • Peran dan Tanggung Jawab Seorang Software Developer Bagian 1(Video)        4:55
    • Peran dan Tanggung Jawab Seorang Software Developer Bagian 2 (Video)        5:15
    • Jenis-Jenis Pekerjaan Software Developer (Video)        9:28
    • Kompetensi Skill yang Harus Dimiliki Software Developer (Video)        7:47
    • Prospek Karier Seorang Software Developer (Video)        6:13
    • Strategi Pengembangan Karier Software Developer (Video)        6:52
  2. TOPIK 2: Peralatan Penunjang Perancangan Software        55 Minutes 10 Seconds
    • Spesifikasi Minimal Komputer / Laptop (Video)        5:06
    • Studi Kasus: Kendala yang Dihadapi dalam Pemenuhan Spesifikasi Peralatan Software Developer (Video)        7:07
    • Software Tools Pemrograman yang Dapat Digunakan (Video)        5:43
    • Studi Kasus: Menentukan Software Tools Pemrograman (Video)        9:37
    • Demonstrasi: Melakukan Instalasi dan Setting Software Tools Pemrograman (Video)        9:50
    • Terms dalam Bahasa Pemograman (Video)        5:17
    • Bahasa Pemrograman yang Dapat Digunakan (Video)        7:08
    • Studi Kasus: Menentukan Bahasa Pemrograman yang Akan digunakan (Video)        5:22
  3. TOPIK 3: Dasar-Dasar Perancangan Sebuah Software        65 Minutes 8 Seconds
    • Prosedur Perancangan Sebuah Software (Video)        6:31
    • Pengertian dan Fungsi Flowchart Diagram (Video)        4:02
    • Jenis-Jenis Flowchart Diagram (Video)        6:00
    • Demonstrasi: Membuat Flowchart Diagram Bagian 1 (Video)        5:34
    • Demonstrasi: Membuat Flowchart Diagram Bagian 2 (Video)        7:49
    • Analisis Kebutuhan Sistem Bagian 1 (Video)        5:47
    • Analisis Kebutuhan Sistem Bagian 2 (Video)        6:50
    • Merancang User Experience Bagian 1 (Video)        5:55
    • Merancang User Experience Bagian 2 (Video)        5:23
    • Studi Kasus: Merancang Software Berdasarkan User Experience Bagian 1 (Video)        6:11
    • Studi Kasus: Merancang Software Berdasarkan User Experience Bagian 1 (Video)        5:06
  4. TOPIK 4: Implementasi Pemrograman pada Software Development        109 Minutes 4 Seconds
    • Konsep Dasar Pemrograman (Video)        6:21
    • Mengenal Object Oriented Programming (Bacaan)        10:00
    • Fungsi dan Cara Kerja Algoritma Pemrograman (Video)        7:17
    • Pengertian Syntax dan Elemen Fungsinya (Video)        7:35
    • Demonstrasi: Implementasi Syntax pada Pemrograman C# Bagian 1 (Video)        4:34
    • Demonstrasi: Implementasi Syntax pada Pemrograman C# Bagian 2 (Video)        5:19
    • Pengertian dan Jenis-Jenis Variabel (Video)        6:38
    • Pengertian dan Jenis-Jenis Tipe Data (Video)        4:30
    • Demonstrasi: Implementasi Tipe Data dan Variabel pada Pemrograman C# (Video)        8:14
    • Jenis-Jenis Operator Perbandingan dan Operator Logika (Video)        6:25
    • Pengertian, Fungsi dan Struktur Pseudocode (Video)        6:25
    • Demonstrasi: Menulis Pseudocode Sebuah Fungsi Program pada Pemrograman C# (Video)        9:43
    • Demonstrasi: Mengimplementasikan Fitur Program sesuai dengan Rancangan Software Bagian 1 (Video)        9:37
    • Demonstrasi: Mengimplementasikan Fitur Program sesuai dengan Rancangan Software Bagian 2 (Video)        5:46
    • Demonstrasi: Mengimplementasikan Fitur Program sesuai dengan Rancangan Software Bagian 3 (Video)        4:46
    • Demonstrasi: Mengimplementasikan Fitur Program sesuai dengan Rancangan Software Bagian 4 (Video)        9:13
    • Demonstrasi: Mengimplementasikan Fitur Program sesuai dengan Rancangan Software Bagian 5 (Video)        6:41
  5. TOPIK 5: Testing dan Debugging pada Software Development        45 Minutes 0 Seconds
    • Pengertian dan Fungsi Testing (Video)        4:29
    • Jenis-Jenis Software Testing (Video)        6:59
    • Pengertian dan Fungsi Debugging (Video)        4:40
    • Cara Kerja dan Tools yang Digunakan untuk Debugging (Video)        7:25
    • Demonstrasi: Melakukan Testing dan Debugging pada Software Bagian 1 (Video)        4:08
    • Demonstrasi: Melakukan Testing dan Debugging pada Software Bagian 1 (Video)        6:00
    • Studi Kasus: Kendala Dalam Melakukan Testing dan Debugging Bagian 1 (Video)        7:35
    • Studi Kasus: Kendala Dalam Melakukan Testing dan Debugging Bagian 2 (Video)        3:44
  6. TOPIK 6: Maintenance pada Software Development        37 Minutes 37 Seconds
    • Konsep Dasar Maintenance Software (Video)        8:44
    • Prosedur Maintenance Software (Video)        5:58
    • Demonstrasi: Melakukan Update Sistem / Perbaikan Kesalahan (Video)        9:33
    • Studi Kasus: Kendala dalam Melakukan Maintenance Software (Video)        8:48
    • Penjelasan Tugas Praktik (Video)        4:34

 

Target Peserta:

Pelatihan ini dapat diikuti oleh : 

  1.  Peserta dengan minimal pendidikan minimal S1 Teknik Informatika/S1 Sistem Informasi/S1 Ilmu Komputer dan S1 semua jurusan
  2.  Peserta yang memiliki ketertarikan dengan profesi Software Developer
  3.  Peserta yang memiliki pengetahuan dasar Programming
  4.  Peserta yang memiliki Komputer atau Laptop yang dapat digunakan untuk Programming
  5.  Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet

 

Durasi:

Topik Durasi
 TOPIK 1: Menjadi Seorang Software Developer 44 menit
 TOPIK 2: Peralatan Penunjang Perancangan Software 55 menit
 TOPIK 3: Dasar-Dasar Perancangan Sebuah Software 65 menit
 TOPIK 4: Implementasi Pemrograman pada Software Development  109 menit
 TOPIK 5: Testing dan Debugging pada Software Development 45 menit
 TOPIK 6: Maintenance pada Software Development 37 menit
Total  366 menit

 


Level:

Basic.

 

Metode Pembelajaran:

Self Paced Learning : Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, handout dan demonstrasi.

 

Metode Evaluasi:

  1. Pre Test
  2. Post Test
  3. Formative Test/Kuis
  4. Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.

 

Sesi Konsultasi:

Setiap Hari Rabu pukul 09.00 - 10.00. via LMS

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet.

 

Fitur 

  • Digital content material: Peserta bisa mengakses material belajar digital
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion).
  • Test akhir: tersedia
  • Forum diskusi: tidak tersedia
  • Online session: tersedia
  • Offline meet-up: tidak tersedia 

 

Cara Reedem Voucher:

  1. Buka halaman https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
  2. Masuk atau buat akun baru
  3. Masukkan kode belajar yang telah kamu dapatkan. Kemudian klik tombol “Tukar Kode”
  4. Pembelajaran siap dimulai

 

Syarat dan Ketentuan:

  1. Voucher tidak dapat digabungkan dengan promosi lainnya
  2. Voucher hanya dapat digunakan 1x per user
  3. Voucher bersifat non-refundable atau tidak dapat diuangkan
  4. Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055

Penyelenggara Kursus

Cakap

Cakap yang berarti kompeten atau terampil, mencerminkan visi kami untuk meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia.


Para Instruktur

Belajar Mengembangkan Sebuah Software bagi Calon Pengembang Software

oleh Cakap
KATEGORI IT, Terbaru
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Full Online Learning
DURASI 6 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

HARGA

Rp250.000

Belajar Mengembangkan Sebuah Software bagi Calon Pengembang Software

Rp250.000
KATEGORI IT, Terbaru
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Full Online Learning
DURASI 6 hours
KAPASITAS PESERTA 500 Orang

Ulasan

0/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1
Belum ada ulasan untuk kursus ini

Jadilah yang pertama membeli kursus ini dan memberikan ulasan