Belajar Mendesain Layout Aplikasi yang Nyaman untuk Menjadi Desainer Website (Webinar)

Tentang Kursus

PERHATIAN!

  1. Kursus yang dibeli dengan menggunakan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa diambil oleh pemegang Kartu Prakerja yang bersangkutan. Kursus yang dipindahtangankan dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat penyelesaian dan/atau tidak dibayarkannya insentif oleh Pemerintah.
  2. Jika kamu pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email, dan nomor HP yang sama dengan yang kamu gunakan ketika mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Syarat Kelulusan: Mengakses semua materi belajar, menyelesaikan kuis di setiap perpindahan dari satu sesi/modul ke sesi/modul lainnya (minimum passing grade 80%) dan menyelesaikan tes akhir (minimum passing grade 60%).
  4. Kursus yang sudah dibeli/sudah melakukan pembayaran melalui Prakerja atau pembayaran lainnya tidak dapat dibatalkan dan/atau direfund.

 

Deskripsi:

Pada kelas ini, peserta akan mempelajari tentang peran seorang Desainer Website yang berfokus pada User Experience, bagaimana peran tersebut memainkan bagian penting dalam perusahaan yang sedang mengembangkan ide menjadi sebuah prototipe digital. Peserta juga akan mempelajari serta mempraktekkan berbagai keterampilan dan teknik yang harus dikuasai oleh seorang Desainer Website dengan menggunakan Figma mulai dari desain prototipe digital dari sebuah rapid prototype (Lo-Fidelity/Hi-Fidelity). 

 

Tujuan Umum:

Lulusan program ini mampu mendesain layout aplikasi sesuai dengan dasar interaksi manusia dengan komputer untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung aplikasi.

 

Tujuan Khusus:

  • Memahami definisi dan mindset seorang Desainer Website yang berfokus pada User Experience
  • Memiliki pengetahuan mendalam tentang seluruh siklus hidup desain, mencakup proses, tujuan & alat bantu desain
  • Mempelajari tentang cara pengambilan keputusan berdasarkan pengguna dengan dasar interaksi manusia-komputer dan aspek psikologis
  • Peserta peka terhadap desain User Experience yang baik bagi pengunjung dengan fokus melakukan riset
  • Mampu menggunakan berbagai alat standar yang banyak digunakan di Industri dan hasil proyek yang ditampilkan untuk User Experience
  • Mampu membuat layout aplikasi yang dapat memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung
  • Mampu mengikuti standar yang diminta oleh klien dengan manajemen waktu yang baik
  • Mampu menjelaskan bagaimana pengambilan keputusan desain melalui presentasi dari latihan dan tugas akhir yang bisa dijadikan portfolio pribadi

 

Aspek Kompetensi: 

Pengetahuan (Knowledge):

  • Kompetensi : Dasar desain dan tools UI/UX.
    1. Materi: Sesi 1 - Perkenalan: perbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX
  • Kompetensi : Pola pikir Desainer Website yang berfokus pada User Experience.
    1. Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer
       
  • Kompetensi : Strategi desain.
    1. Materi: Sesi 3 - User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow
  • Kompetensi : Rapid Prototyping.
    1. Materi: Sesi 4 - Wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity
  • Kompetensi : Jenis interaksi desain.
    1. Materi: Sesi 5 - Interaction Design & Microinteraction Design
  • Kompetensi : Implementasi pembuatan wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity.
    1. Materi: Sesi 6 - Final project: Membuat Wireframe Hi-Lo

Keterampilan (Skill):

  • Kompetensi : Menentukan ide dari tahapan design-thinking.
    1. Materi: Sesi 1 - Perkenalan: berbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX
    2. Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer
    3.  
  • Kompetensi : Menentukan penggunaan Tools - Figma untuk kebutuhan Desainer Website.
    1. Materi: Sesi 1 - Perkenalan: berbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX
  • Kompetensi : Melakukan tahapan inisialisasi user journey dengan tools Figma.
    1. Materi: Sesi 3 - User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow
  • Kompetensi : Melakukan tahapan pembuatan Wireframe Web/Apps Based.
    1. Materi: Sesi 4 - Wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity
    2. Materi: Sesi 5 - Interaction Design & Microinteraction Design)
  • Kompetensi : Mengimplementasi pembuatan wireframe dari kasus yang tersedia.
    1. Materi: Sesi 6 - Final Project: Membuat Wireframe Hi-Lo

Sikap (Attitude):

  • Kompetensi : Fokus untuk melakukan riset sebagai seorang Desainer Website yang berfokus pada User Experience.
    1.  Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer
    2.  Materi: Sesi 3 - User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow
    3.  Materi: Sesi 6 - Final project: Membuat Wireframe Hi-Lo
  • Kompetensi : Mengikuti standar requirement fitur yang sudah ditentukan oleh klien.
    1.  Materi: Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer
    2.  Materi: Sesi 3 - User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow
    3.  Materi: Sesi 6 - Final project: Membuat Wireframe Hi-Lo
  • Kompetensi : Mengatur waktu pengerjaan setiap tugas pada saat mendesain layout aplikasi.
    1. Materi: Sesi 6 - Final project: Membuat Wireframe Hi-Lo

 

Materi Pelatihan:

  • Sesi 1 - Perkenalan: Perbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX (115:00)
    1. UI/UX Overview (Ceramah Interaktif - 48:00)
    2. Tools UI/UX (Demonstrasi - 26:00)
    3. Fundamental UI/IX tools (Latihan/Praktek Langsung - 41:00)
  • Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer (108:00)
    1.  Mindset UX Designer (Ceramah Interaktif - 25:00)
    2.  Design Thinking (Ceramah Interaktif - 83:00)
  • Sesi 3 - User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow (129:00)
    1. General Research Flow (Ceramah Interaktif - 31:00)
    2. Research Method (Ceramah Interaktif - 42:00)
    3. User Persona & Competitor Analysis (Ceramah Interaktif - 20:00)
    4. User Journey and Information Architecture (Ceramah Interaktif - 36:00)
  • Sesi 4 - Wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity (172:00)
    1. Wireframe Lo-Fidelity (Demonstrasi - 33:00)
    2. Uji Praktek Wireframe & Prototyping (Latihan/Praktek Langsung - 77:00)
    3. Wireframe Hi-Fidelity (Demonstrasi, Latihan/Praktek Langsung - 62:00)
  • Sesi 5 - Interaction Design (123:00)
    1. Interaction Design (Ceramah Interaktif - 60:00)
    2. Figma Prototyping untuk Interaction Design (Demonstrasi - 63:00)
  • Sesi 6 - Final Project: Membuat Wireframe Hi-Lo (68:00)
    1.  Goals Setting & Time Management (Ceramah Interaktif - 60:00)
    2.  Penjelasan Final project (Ceramah Interaktif - 8:00)
     

Target Peserta:

  • Pendidikan minimal SD atau sederajat
  • Program ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki latar belakang di industri teknologi (pengembang, desainer, pemilik/manajer produk)
  • Tidak diperlukan pengalaman pemrograman atau pengembangan aplikasi web apa pun sebelumnya
  • Peserta wajib menggunakan komputer/laptop
  • Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB dan setidaknya ada 128GB storage available

 

Durasi:

Topik Durasi
Sesi 1 - Perkenalan: Perbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX  115 menit
Sesi 2 - Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer 108 menit
Sesi 3 - User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow 129 menit
Sesi 4 - Wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity 172 menit
Sesi 5 - Interaction Design 123 menit
Sesi 6 - Final Project: Membuat Wireframe Hi-Lo 68 menit
Total 715 menit

 

Level:

Basic 

 

Metode Pembelajaran:

Webinar: Metode Ajar yang digunakan adalah menggunakan perangkat live streaming melalui Zoom, Google Meet, dan sejenisnya pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

 

Metode Evaluasi:

  • Pre Test
  • Post Test
  • Formative Test/Kuis
  • Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat:

Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian jika nilai akhir di bawah 60 dan akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lulus jika nilai akhir di atas 60.

 

Sesi Konsultasi:

Setiap Hari Jumat (19.00-20.00), Via Google Meet 

 

Jadwal Webinar:

21 November - 30 November 2022

 

Apa Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu hanya perlu mempersiapkan laptop/notebooktablet, atau smartphone dengan koneksi Internet.

 

Cara Reedem Voucher: 

  1. Setelah berhasil sign in maka peserta dapat langsung melakukan redeem voucher dengan mengakses link https://pay.kode.id/voucher-redeem atau kamu dapat mengklik button Redeem pada homepage https://kode.id/
  2. Peserta dipersilakan untuk memasukkan 12 digit voucher code dan klik button Redeem.
  3. Setelah voucher berhasil di redeem, Peserta dapat klik Mulai Belajar untuk langsung belajar di platform KODE
  4. Peserta akan mendapat email yang menginformasikan mekanisme dan jadwal kelas yang diikuti.
  5. Link/tautan kelas webinar dapat ditemui di email yang dikirimkan oleh tim operasional Hacktiv8
  6. Peserta juga akan dikirimkan undangan melalui google calendar

Penyelenggara Kursus

HacktivEight

Hacktiv8 (Web Developer Training) telah berdiri dari 1 tahun sejak tahun 2006. Perusahaan ini terdiri 11 - 50 para kariawan dan kantor pusat mereka ada di lokasi Jakarta Pusat. Selain itu,


Para Instruktur

Belajar Mendesain Layout Aplikasi yang Nyaman untuk Menjadi Desainer Website (Webinar)

oleh HacktivEight
KATEGORI IT, Kreatif, Terbaru
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Blended Learning (Tatap Muka & E-learning)
DURASI 12 hours
KAPASITAS PESERTA 300 Orang

HARGA

Rp669.000

Belajar Mendesain Layout Aplikasi yang Nyaman untuk Menjadi Desainer Website (Webinar)

Rp669.000
KATEGORI IT, Kreatif, Terbaru
KLASIFIKASI Pelatihan
METODE Blended Learning (Tatap Muka & E-learning)
DURASI 12 hours
KAPASITAS PESERTA 300 Orang

Ulasan

0/5

0 Ulasan

  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1
Belum ada ulasan untuk kursus ini

Jadilah yang pertama membeli kursus ini dan memberikan ulasan